Curah Hujan Tinggi, BMKG Imbau Antisipasi Daerah Rawan Bencana Banjir dan Longsor di Sulut

oleh -
Banjir yang pernah terjadi di Kota Manado. (FOTO: KSM)

MANADO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada hari ini Senin (27/7/2020) dan dalam beberapa hari ke depan.

Dari pantauan KORAN SINDO MANADO/SINDOMANADO.COM di website resmi BMKG tercatat bahwa hujan dengan intensitas sedang bahkan lebat bakal menerjang beberapa daerah seperti di wilayah Kotamobagu, Bolsel, Boltim, Sangihe dan Talaud. Dimana rata-rata suhu tercatat 23-32 celcius, dengan kelembapan 60-95 %.

Hujan berintesitas sedang juga terjadi di Kabupaten Minahasa, dimana dalam beberapa hari terakhir hujan terjadi dari pagi hingga malam hari.

Ini juga merupakan salah satu peringatan bagi warga Kota Manado. untuk mengantisipasi tempat-tempat rawan bencana yang berpotensi terjadinya banjir maupun longsor akibat luapan air dari sungai Tondano dan beberapa sungai lainnya.

Pengamat Cuaca di Stasius Meteorologi Sam Ratulangi Manado Yogi mengatakan, untuk hari ini sampai besok, di Provinsi Sulut berpotensi hujan. “Ada beberapavariasi intensitas hujan, tergantung kondisi daerah tersebut. Warga dihimbau untuk mengantisipasi daerah yang rawan bencana,” ucapnya. (Clay Lalamentik)