Perangi Covid-19, TP PKK Masifkan Gebrak Masker di Sulawesi Utara

oleh -
Ketua Umum TP PKK Ny Tri Tito Karnavian (tengah), Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Wakil TP PKK Sulut Kartika Devi Tanos di kegiatan Gebrak Masker. (Istimewa)

MANADO – Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ny Tri Tito Karnavian bersinergi dengan TP PKK Provinsi Sulawesi Utara all out memasifkan Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker).

Kegiatan yang dipusatkan di Lobi Kantor Gubernur Sulut, Jumat (14/8/2020) untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo kepada PKK agar mensosialisasikan penggunaan masker kepada seluruh masyarakat.

Nampak hadir Gubernur Olly Dondokambey, Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Selain membagikan masker, Gebrak Masker PKK juga diarahkan untuk sosialisasi penggunaan masker yang benar dan protokol kesehatan.

“Selain membagikan masker, gerakan ini juga tentang bagaimana pentingnya memakai masker,” ujar Ketum PKK.

Ny Tri mengungkapkan kebanggaannya atas kepercayaan untuk melaksanakan amanat Presiden untuk mensosialisasikan penggunaan masker, guna menekan angka penularan Covid-19.

“Kita harus berbangga sekali, para kader PKK dipercaya oleh Bapak Presiden untuk terjun langsung, terlibat langsung, dalam pembagian masker di masyarakat. Artinya, pemerintah mempercayakan kepada kader PKK untuk terlibat langsung dalam menangani ataupun mencegah penularan Covid-19 saat ini,” katanya.

Disadarinya, penyebaran dan penularan Covid-19 tidak pandang bulu untuk menjangkit berbagai kalangan, termasuk tidak mengenal status sosial, jenis kelamin, maupun usia. Oleh karenanya, Tri menekankan penggunaan masker di berbagai lapisan sosial di masyarakat.

“Kita sadar penyakit ini tidak pilih-pilih siapa yang akan tertular, penyakit virus ini tidak mengenal pangkat, umur, jenis kelamin, usia,” jelasnya.

Mengingat salah satu bentuk penularan Covid-19 melalu droplet, maka penggunaan masker dianggap sebagai salah satu cara yang efektif dalam mencegah penularannya. Oleh karenanya, PKK Gebrak Masker diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker, terutama di area publik.

“Dengan adanya gerakan gebrak masker PKK ini, bahwa masyarakat makin menyadari. Mungkin mereka sudah sadar memakai masker, namun dengan turunnya para kader PKK dan selalu mengingatkan cuci tangan, menjaga jarak, juga memberi contoh memakai masker yang benar, kita harapkan kader PKK juga memberikan sosialisasi cara pemakaian masker yang benar,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan berharap kegiatan Gebrak Masker dapat memberi dampak dan manfaat yang berarti bagi pemulihan kondisi Sulut dari pandemi Covid-19.

“Menjadi harapan juga, dengan kegiatan pada hari ini akan semakin memperkuat sinergitas dan komitmen kita semua dalam ikut membangun bangsa dan daerah, untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Rita.

Lanjut Rita, untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Penggunaan Masker, maka TP PKK se-Sulut bekerja sama dengan pemerintah akan kembali memberikan bantuan 200.000 masker kepada masyarakat.

“Tentunya kami mengharapkan arahan dari Ibu Ketua Umum Tim Penggerak PKK beserta jajaran, sehingga Gebrak Masker di daerah akan memberikan dampak yang berarti dalam upaya kita bersama mencegah penyebaran dan menangani pandemi Covid-19,” lanjutnya.

Sebagai informasi, untuk mensukseskan Gebrak Masker, TP PKK Sulut telah menyalurkan masker di Manado diantaranya wilayah Sario, Puskesmas Teling Atas, Karang Ria dan Manado Town Square dan akan terus dilakukan di lokasi lainnya di Sulut. (rivco tololiu)