Warga Bunaken Dapat Bantuan Rumah Swadaya dan Bibit Kelapa Pandan

oleh -
Tampak, Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan bantuan rumah swadaya kepada warga Bunaken. (Istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menerangkan bahwa pembangunan rumah swadaya untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang menjadi bukti besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap sektor pariwisata Sulut.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly saat menyerahkan bantuan rumah swadaya pariwisata untuk warga di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Manado, Sabtu (22/8/2020).

Olly pun menceritakan kembali pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Sulut beberapa waktu lalu. Saat itu Olly mengusulkan kepada Jokowi soal pembangunan homestay di kawasan pariwisata.

“Jadi begini pak Presiden, di Kementerian PUPR ada Dirjen Perumahan, bagaimana sekali-sekali buat program bantu daerah pariwisata dengan program homestaynya. Ternyata pak Presiden buat ini program, program ini belum di seluruh Indonesia ada, baru di Sulut ini ada homestay, kalau program bantu rumah-rumah banyak, seluruh Indonesia ada, tapi khusus homestay baru ada di Sulut,” katanya.

Olly juga memuji komitmen dan perhatian Jokowi untuk membangun sektor pariwisata Sulut.

“Makanya di Bunaken ini kita bawa pak Presiden, walaupun dia cuma lihat dari pelabuhan dermaga situ, dia so tau apa tu maksud. Dan ini hebat torang pe pak Presiden ini, apa yang depe bicara pasti dilaksanakan, salah satu ini rumah buat homestay. Ini baru 32, target torang ada 300 di sini, supaya masyarakat bisa menikmati secara langsung pariwisata kalau ada homestay,” sambungnya.

Olly optimis jika masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan maka pembukaan kembali kawasan wisata bunaken berjalan lancar.

“Jadi ini manfaat pemerintah provinsi hadir di tengah masyarakat di Bunaken dalam rangka kita mempersiapkan era baru dalam kehidupan pariwisata kita. Kalau masyarakat semua peduli, mau pake masker, mau jaga jarak dan hidup bersih torang somo buka ini turis datang ulang kamari,” tandasnya. (rivco tololiu)