Perkuat Kesiapan SDM, SMK Negeri Pariwisata Mulai Dibangun di Sulut

oleh
Gubernur Olly Dondokambey melihat desain bangunan SMKN Pariwisata usai meletakan batu pertama. (istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadirkan SMK Negeri Pariwisata untuk menunjang kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata. Sekolah tersebut dibangun di lokasi Kairagi, Kota Manado.

“Ini salah satu upaya kita untuk menunjang kualitas SDM pariwisata di daerah ini. Apalagi kita sedang giat-giatnya dalam pengembangan pariwisata,” ungkap Gubernur Olly saat meletakan batu pertama pembangunan SMA Negeri Pariwisata tersebut, Selasa (25/8/2020).

Diketahui, proyek infratruktur pendidikan ini merupakan hasil lobi Gubernur Olly Dondokambey ke pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu.

Olly berharap proyek ruang praktek dan kelas siswa yang didanai APBN 2020 berbandrol Rp3.568.481.000 dapat selesai tepat waktu dengan kontrak kerja 150 hari kedepan sebelum dilanjutkan pada tahap berikutnya untuk pengadaan peralatan bernilai kurang lebih Rp2,5 miliar.

“Penanggung jawab harus kerjakan sesuai dengan yang direncanakan sehingga manfaat dari uang pemerintah dapat dirasakan masyarakat,” kata Olly.

Dia mengakui pembangunan SMKN Pariwisata dapat mengutamakan kualitas dan nilai estetika bangunan.

“Konsultasi dengan PU supaya hasilnya bagus. Jangan bangun asal asal sama seperti sekolah lainnya. Karena ini sekolah pariwisata harus indah,” kunci Olly.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Grace Punuh mengatakan, pembangunan SMKN Pariwisata hanya dibangun untuk tujuh provinsi di Indonesia salah satunya di Sulut.

“Ini sangat luar biasa, dan tentunya kami sangat berterima kasih kepada pak Gubernur Olly Dondokambey yang boleh melobi SMKN Pariwisata boleh dibangun di Sulut. Ini akan menguatkan sektor pendidikan dalam menunjang SDM di daerah ini,” sambung Punuh.

Kegiatan peletakan batu pertama SMKN Pariwisata turut dihadiri Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang dan Kadisdikda Grace Punuh. (rivco tololiu)