Limbah Masker Jangan Dibuang Sembarangan!

oleh -
Masyarakat diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat juga diharapkan tidak membuang limbah masker di sembarang tempat. (FOTO: Istimewa)

MANADO– Permasalahan terkait sampah kembali muncul ke permukaan. Banyak masyarakat yang terlihat mengeluhkan terkait masalah klasik ini di lini masa media sosialnya. Para pihak terkait pun terus berusaha mencari solusinya. Kini, permasalahan ini tak hanya mengenai sampah seperti limbah rumah tangga saja, namun juga limbah medis.

Ya, selain sampah biasa, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sampah medis juga perlu menjadi perhatian, salah satunya terkait adanya masker yang dibuang sembarangan oleh masyarakat. Pasalnya, dari temuan KORAN SINDO MANADO/SINDOMANADO.COM, terdapat masker yang dibuang oleh mereka yang tak bertanggung jawab di beberapa ruas jalan raya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Herman, petugas kebersihan Kecamatan Wenang yang sehari-harinya bertugas membersihkan ruas Jalan  Boulevard bagian belakang Golden hingga lampu merah di belakang Multi Mart. Ia menuturkan bahwa dalam sehari bisa menemukan hingga enam masker yang dibuang ke jalan.

“Macam-macam masker yang saya temukan (di jalan). Setiap hari ada masker yang saya sapu dari jalan. Oto so tindis-tindis (Sudah terlindas Mobil). Kali ini saja sudah ada tiga masker, pagi tadi juga ada,” ungkap Herman, belum lama ini.

Dia mengatakan, di sepanjang Jalan Boulevard saja, mungkin dapat ditemukan hingga 10 masker yang dibuang ke jalan oleh masyarakat. Ini tentu perlu menjadi perhatian kita sebagai pengguna jalan, terlebih di masa pandemi seperti ini, untuk tidak menambah permasalahan sampai yang sudah ada.

Ira Sasauw, petugas kebersihan Kecamatan Sario pun mengutarakan hal yang sama. Ia terkadang menemukan masker yang dibuang sembarangan saat melaksanakan pekerjaannya ini. “Memang kadang, tetapi tetap ada, walaupun Cuma satu ada (Masker) yang saya sapu,” tukasnya. Ia pun menyampaikan bahwa masket tersebut ditemukannya di jalan raya, sama halnya yang disampaikan oleh Herman.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel mengatakan, terkait permasalahan masker, seperti masker medis yang dibuang sembarangan dan ditemukan para petugas kebersihan ini, sebenarnya harus dibakar. “Supaya tidak reuse. Jangan jadi kejadian sama dengan di Pulau Jawa, yang direcycle sama pemulung. Kalau masker medis harus dibakar, dan jangan dibuang sembarangan,” pungkasnya.

Lanjutnya, sebenarnya tak masalah masker medis kalau mau dibuang ke tempat sampah biasa, akan tetapi ia mengimbau agar masyarakat membuang ataupun memusnahkan masker jenis ini yang hanya sekali pakai, agar tidak menjadi sumber penularan penyakit, dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. “Sebaiknya kalau mau dibuang, digunting terlebih dahulu,” bebernya. (Fernando Rumetor)