Wagub Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong Menjadi Produktif

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw menyerahkan bantuan bibit kepada para petani di Kabupaten Minahasa. (Istimewa)

MANADO – Wakil Gubernur Steven Kandouw mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan tanaman pangan yang produktif.

“Warga harus memanfaatkan lahan untuk tanaman yang bermanfaat. Ini akan sangat bermanfaat untuk ketahanan pangan maupun perekonomian di masa pandemi Covid-19,” ungkap Wakil Gubernur Steven Kandouw, Minggu (13/9/2020).

Mantan ketua DRPD Sulut ini juga mengingatkannya saat melakukan panen raya jagung dan padi di Kecamatan Remboken dan Tompaso, Minahasa, baru-baru ini.

Dia juga meminta jajaran pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota untuk tidak menggeser anggaran pertanian melalui recofusing.

Kata Kandouw, anggaran pertanian sangat penting untuk menunjang program-program dalam mewujudkan ketahanan pangan serta membantu para petani.

“Seperti untuk pembibitan, jangan kurangi anggaran itu. Karena petani sangat membutuhkan, apalagi di situasi pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya.

Kandouw juga kesempatan itu menyalurkan bantuan beni kepada para petani untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Sulut, Novly Wowiling mengakui, pihaknya terus mendorong Gerajakan Marijo Ba Kobong di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Program ini adalah pembawa spirit dalam pesan moril yang kaitan dengan Sulawesi Utara untuk mantap dalam hal ketahanan pangan,” tuturnya. (rivco tololiu)