Tekan Penyebaran Covid-19, Dinkesda Sulut Gencar Bagikan Masker ke Masyarakat

oleh -
Tim Dinkesda Sulut Lewat Bidang Promkes membagikan masker kepada masyarakat. (Isitmewa)

MANADO – Penyebaran pandemi Covid-19 terus menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Sulut. Salah satunya dengan gencar membangikan masker kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo mengatakan, pembagian masker yang secara rutin dilakukan pihaknya untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya melindungi diri dan orang-orang sekitar dari penularan Covid-19.

“Ini merupakan instruksi langsung dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk kita berperan bersama menekan penyerabaran Covid-19. Kita lakukan sekarang yaitu membagikan masker kepada masyarakat,” tuturnya.

Kalalo menyebut, penegakan disiplin bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker sedang digencarkan oleh pemerintah, yang tentunya mesti ada perhatian dari pemerintah kepada masyarakat yang tidak mampu mendapatkan masker.

“Makanya, lewat pembagian masker ini warga dapat mentaati bersama apa yang menjadi imbauan pemeritah dalam menerapkan protokol kesehatan, baik dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker. Kita upayakan sekarang supaya warga bisa mendapatkan maskser secara gratis untuk pelindungan diri,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, penanganan pandemi Covid-19 terus menjadi perhatian pihaknya. Lewat tim surveilans, pihaknya terus mengoptimalkan upaya menekan penyebaran Covid-19 baik dengan melakukan tracing dan pemetaan.

“Tim terus kerja kerja di lapangan. Kita terus berupaya semaksimal mungkin agar virus ini penyebarannya dapat ditekan. Swab massal juga kita lakukan agar bisa mendeteksi penyebaran virus ini,” tuturnya.

Meski begitu, Kalalo berharap agar masyarakat di Bumi Nyiur Melambai dapat berperan bersama untuk memerangi pandemi Covid-19.

“Yah, kita harus kerja bersama supaya virus ini tidak terus menular kepada masyarakat. Salah satunya yaitu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Itu salah satu hal wajib yang mesti diperhatikan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Gubernur Olly Dondokambey sendiri memberikan apresiasi kepada Dinkesda Sulut yang terus maksimal melakukan upaya penanangan pandemi Covid-19.

Kata Olly, upaya penanganan pandemi baik melakukan pembagian hand sanitizer, masker, rapid test, swab massal, sosialisasi dan upaya lainnya untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi sangat baik dalam memerangi bersama pandemi saat ini.

“Saya berharap agar penanganan ini bisa terus dimaksimalkan lagi, agar supaya pandemi Covid-19 ini bisa diatasi dengan optimal. Kita berharap juga masyarakat dapat turut bersama dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ungkap Olly, waktu lalu. (rivco tololiu)