Waspada La Nina, Pemkot Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hydrometeorologi

oleh -
Wali Kota GS Vicky Lumentut didampingi Sekretaris Kota Micler Lakat meninjau kesiapan antisipasi bencana dalam apel kesiapsiagaan pasukan dan perlengkapan di Lapangan Sparta Tikala.

MANADO — Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana hydrometeorologi dihelat di Lapangan Sparta Tikala, Jumat (06/11/2020).

Wali Kota GS Vicky Lumentut, bertindak selaku inspektur upacara dan Kalak BPBD Manado sebagai komandan upacara. Apel tersebut dimaksudkan sebagai langkah antisipasi dan kesiapsiagaan guna menghadapi fenomena La Nina, yang akan sangat mempengaruhi terhadap curah hujan di Indonesia. Termasuk, bencana hydrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Wali kota dalam sambutannya menyampaikan, masyarakat harus lebih waspada dan siap siaga terutama mereka yang berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau kawasan rawan longsor untuk lebih berhati-hati.

“Saya meminta warga untuk mengantisipasi adanya pohon yang mudah tumbang atau patah cabangnya. Sehingga, jangan berada di bawah pohon, serta waspadai tiang listrik yang korsleting dan roboh tertimpa pohon. Terlebih, saat terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang,” imbau Lumentut.

Wali Kota GS Vicky Lumentut saat memberikan sambutan dalam apel kesiapsiagaan bencana.

Ia menambahkan, panggilan kita adalah melindungi masyarakat dari bahaya dan ancaman bencana. Baik itu bencana alam maupun non alam. “Kesiapan dan kesigapan kita bersama menjadi kunci keberhasilan kita dalam memitigasi dampak dari bencana,” sebutnya.

Hal ini menjadi cukup mendesak terutama di masa-masa seperti ini. Di tengah perjuangan bersama menekan penyebaran covid-19, kita juga tengah diperhadapkan dengan fenomena La Nina. Siaran pers BMKG per 3 Oktober 2020 mengungkapkan bahwa fenomena La Nina berpotensi untuk meningkatkan intensitas curah hujan dan angin diprediksi akan berlangsung hingga Maret 2021 mendatang.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih, semoga apa yang kita lakukan seluruhnya akan memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Sekaligus, membangun semangat kita untuk terus berjuang demi kemanusiaan,” pinta wali kota.

Dalam apel tersebut, turut hadir Kepala Basarnas Sulut, Suhri Sinaga, Dandim 1309 Manado, Kolonel Inf Raja Sulung Purba, Sekretaris Kota Manado, Micler CS Lakat, Kabag Ops Polresta Manado, Kompol Alkat Karaouw, para kepala OPD. Adapun peserta apel dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinsos Kota Manado, PMI, ORARI, RAPI. (kimgerry)