Sambut Konvensi Nasional Humas 2020, BPC Perhumas Manado Gelar Webinar

oleh -
Tampak pelaksanaan webinar BPC Perhumas Manado. (fernando rumetor)

MANADO – Dalam menyambut Konvensi Nasional Humas 2020, Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Manado menyelenggarakan webinar dengan tajuk “Media Konvensional Vs Media Sosial” pada Senin (9/11/2020).

Webinar yang dipandu Sekretaris BPC Perhumas Manado Windy Hapsarani ini, menghadirkan narasumber berkompeten seperti Eric Dajoh, Jurnalis Senior Fernando Lumowa, Herry Rumondor dari Communication Manager PT.MSM.

Dikesempatan itu, Jurnalis Senior, Eric Dajoh mengatakan, dirinya tetap optimis bahwa media massa, apakah itu media cetak, media elektronik, maupun media online, tetap akan memegang peran dan menguasai informasi.

“Dalam satu proses mempersiapkan berita yang betul-betul bertanggungjawab kepada publik. Jika media massa bisa menciptakan ini, maka media massa akan kembali jati dirinya. Di era 4.0 ini, media massa dapat dipakai sebagai alat dari pada humas dimanapun untuk menyampaikan banyak informasi baik kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Communication Manager PT. MSM, Herry Rumondor berharap agar setiap humas yang ada di perusahaan agar tell the truth atau mengatakan yang sebenarnya, mengatakan hal baik, bicara baik kepada orang lain, terutama para wartawan.

“Sehingga baik si jurnalis itu sendiri pun dapat memberitakan yang benar dan pada ujungnya tidak akan menjadi ‘gado-gado’ dari cerita awal yang hanya terkait kankung dan buncis,” beber Rumondor.

Jurnalis Tribun Manado, Fernando Lumowa menyampaikan bahwa sampai kapanpun, media massa tetap memiliki peran strategis ketimbang media sosial, dalam mendorong terciptanya demokrasi ditengah masyarakat.

“Kalau dulu tantangan hanya dari dalam media massa itu sendiri, namun sekarang banyak faktor. Ada instrumen-instrumen yang mengganggu terciptanya media yang profesional itu,” sebutnya.

Webinar BPC Perhumas Manado ini diikuti oleh banyak kalangan, mulai dari dosen pengajar, anggota-anggota BPC Perhumas Manado, pegawai swasta, hingga mahasiswa dan mahasiswa dari berbagai universitas yang ada.  (Fernando Rumetor)