Penularan Masih Terjadi, Total Kasus Positif Covid-19 Tembus 9.493

oleh -
Pemerintah Provinsi Sulut mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan warga melakukan rapid test saat mengunjungi pusat perbelanjaan di Manado selama masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) untuk mencegah penularan Covid-19. (foto: istimewa)

MANADO – Kasus positif Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus bertambah setiap hari. Kurangnya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan memicu proses penularan yang kian masif.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut lewat siaran pers merilis data terbaru dengan penambahan 80 kasus positif Covid-19 per 28 Desember 2020.

Total kasus positif Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai kini tembus 9.493. Sementara total angka sembuh menjadi 6.861. Kemudian kasus meninggal 305, dan kasus aktif sebanyak 2.327.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Sulut, dr Debie Kalalo mengatakan, penambahan kasus Covid-19 yang masih terus terjadi harus menjadi perhatian serius masyarakat.

“Pandemi ini belum berakhir. Penularan masih terus terjadi yang memicu bertambahnya banyak kasus Covid-19 setiap hari,” kata Kalalo, Senin (28/12/2020).

Ia menegaskan, salah satu upaya nyata memutus mata rantai penularan Covid-19, yaitu dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Ini menjadi keharusan dalam kita bersama memerangi pandemi ini. Pakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari keramaian, merupakan hal terpenting yang harus dilakukan,” ujarnya.

“Mari kita terus saling mengingatkan agar keluarga dan orang-orang yang kita cintai bisa terhindar dari penularan Covid-19 ini,” tandasnya. (rivco tololiu)