Masyarakat Sulut Harus Tahu! Ini Manfaat Vaksin Covid-19

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Isitmewa)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membeber sejumlah manfaat dan pentingnya vaksinasi Covid-19. Penyuntikan vaksin di Indonesia secara serentak dijadwalkan akan dimulai Rabu (13/1).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo memaparkan fungsi dan manfaat dari vaksin Covid-19, yakni mulai dari mencegah seseorang tertular Covid-19 dan manfaat lainnya.

“Mengapa vaksin penting? Karena pertama vaksinasi Covid-19 membantu mencegah anda tertular Covid-19. Kedua, adalah cara yang lebih aman untuk membantu perlindungan. Dan ketiga, vaksinasi Covid-19 akan menjadi alat penting untuk membantu menghentikan pandemi. Jadi banyak sekali manfaat dari adanya vaksinasi Covid-19,” ungkap Kalalo, Selasa (12/1/2021).

Lanjut dia, tujuan vaksinasi Covid-19 adalah untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Kemudian juga untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat. Juga menurut Kalalo, dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

Tampak, petugas Dinkesda Sulut menurunkan box berisi vaksin Covid-19 yang langsung di data dan dimasukan ke dalam Cold Room. (istimewa)

“Vaksin merupakan produk biologis yang diberikan kepada seseorang untuk melindunginya dari penyakit yang melemahkan, bahkan mengancam jiwa. Vaksin juga membantu sistem kekebalan tubuh. Melawan infeksi secara efisien dengan mengaktifkan respon tubuh terhadap penyakit tertentu. Karena itu, tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara melawannya,” bebernya.

Kalalo juga menjelaskan terkait kemampuan vaksin. Menurutnya, vaksin menyelamatkan jiwa, melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari berbagai penyakit menular yang berbahaya. Serta menurut Kalalo, 2-3 juta jiwa di dunia terselamatkan tiap tahunnya berkat vaksin.

Selain itu, kata Kalalo, sejak vaksin ditemukan, sejumlah penyakit yang dulunya mematikan dan membuat kelumpuhan, menjadi sangat jarang, atau punah. Juga dibeber Kalalo, bahwa vaksin memberi perlindungan bagi individu dan mereka yang tidak dapat diimunisasi.

“Vaksin yang tersedia untuk masyarakat, sudah melalui uji keamanan yang ketat termasuk uji klinis. Jika terdapat cukup banyak orang di masyarakat yang diimunisasi menurut Kalalo, maka dapat mengurangi penyebaran, memutus rantai penularan dan menghentikan wabah,” terangnya.

Karena itu, ia mengakui vaksin penting untuk melindungi diri, keluarga dan masyarakat serta membentuk kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Terkait skema tahapan pemberian vaksin Covid-19, dijelaskannya, pada tahap I periode vaksin Januari-April, adalah untuk petugas kesehatan. Kemudian tahap II, April-Maret untuk masyarakat rentan, atau masyarakat di daerah dengan resiko penularan tinggi, serta masyarakat lainnya atau dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin Covid-19.

“Dan vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Dan sesuai imbauan pak Gubernur Olly Dondokambey dan pak Wagub Steven Kandouw, bahwa masyarakat jangan lupa untuk tetap gunakan masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari Covid-19,” tutupnya. (rivco tololiu)