Cuaca Membaik, Otoritas Pelabuhan Tahuna Izinkan Kapal Kembali Berlayar 

oleh
Tampak Pelabuhan Nusantara Tahuna. (FOTO: Andy Gansalangi)

TAHUNA – Pelabuhan Nusantara Tahuna kini sudah memberikan izin bagi kapal yang akan berlayar dengan berbagai tujuan, sebelumnya sempat dikeluarkan larangan berlayar akibat cuaca ekstrem melanda Sangihe.

Sejak Selasa (19/01/2021), otoritas Pelabuhan Tahuna sudah menyudahi larangan berlayar hal itu dikemukakan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling. “Kami sudah memberikan izin berlayar lagi untuk sejumlah kapal yang akan melakukan pelayaran ke beberapa tujuan sebab cuaca sudah membaik,” kata Muhaling.

Ungkap Muhaling, pelarangan berlayar bisa dilakukan kapan saja jika terjadi cuaca ekstrem yang dapat membahayakan keselamatan pelayaran apabila kata dia, jarak pelayaran Sangihe-Manado, contohnya lautan yang dilalui terkenal dengan keganasannya jadi perlu perhitungan matang dalam memberikan izin berlayar. “Ya kita harus memperhitungkan segala sesuatu sebab keselamatan pelayaran lebih penting,” imbuhnya lagi.

Dijelaskannya pula bahwa pihaknya juga berkoordinasi dengan pelabuhan Manado jika pelabuhan Manado tidak mengizinkan pelayaran maka otomatis Pelabuhan Tahuna juga demikian. Tak hanya itu pelayaran antar pulau di Sangihe pun sempat ditutup kini sudah bisa beroperasi kembali.

Muhaling juga berpesan agar pihak pengelola pelayaran selain memperhatikan keselamatan pelayaran juga harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 “perlu juga diperhatikan soal protokol kesehatan Covid-19 kita harus mematuhinya agar terhindar dari penyebaran Covid-19,” tutup Muhaling. (Andy Gansalangi)