Ramaikan Karya Kreatif Indonesia 2021, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut Buka Pameran UMKM di Megamall

oleh -
Tampak salah seorang masyarakat membeli produk UMKM di pameran KKI 2021 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut di Megamall, Kamis (4/3/2021). (Foto: Fernando Rumetor)

MANADO – Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 mulai digelar oleh seluruh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) se-Indonesia. Tak mau ketinggalan, KPw BI Sulawesi Utara (Sulut) pun menggelar KKI 2021 lewat pameran fisik di pusat perbelanjaan Megamall Manado.

Dengan memamerkan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) binaan yang ada, KPw BI Sulut berharap bisa mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang terus digaungkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Disini kita memamerkan UMKM unggulan yang merupakan binaan dari KPw BI Sulut untuk mengajak masyarakat bangga terhadap produk-produk Indonesia,” ujar Fungsi Pelaksanaan dan Pengembangan UMKM KPw BI Sulut, Shinta Manurung pada Kamis (4/3/2021).

Lanjut dikatakannya, pameran kali ini merupakan seri pertama dari rangkaian seri KKI yang bakal digelar tahun ini. Di pameran kali ini, ada sekira tujuh UMKM yang ikut berpartisipasi menunjukkan berbagai hasil karyanya.

“Selain pameran fisik, kita juga ada pameran secara virtual. Masyarakat bisa mengakses website www.karyakreatifindonesia.co.id untuk melihat pameran secara virtual,” ungkapnya. Pameran fisik KKI 2021 di Megamall Manado sendiri berlangsung selama tiga hari, yakni 4-6 Maret 2021.

Di pameran fisik ini, KPw BI Sulut menyuguhkan berbagai produk olahan UMKM seperti bermacam-macam kain, olahan sisik ikan yang dibuat menjadi kerajinan, serta berbagai produk olahan makanan kuliner.

“Semua UMKM disini pembayarannya melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS). Kita mengajak masyarakat dan juga pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk bertransaksi secara non tunai lewat QRIS ini. Apalagi sekarang kan masa pandemi, cashless istilahnya. Jadi pembayaran non-tunai semua,” jelas Shinta.

Selain itu, kalian juga bisa membeli produk-produk UMKM yang ada di pameran fisik ini melalui website KKI 2021 diatas. Nantinya, kalian akan diarahkan untuk menuju masing-masing media sosial maupun marketplace milik para UMKM yang ada.

Di website tersebut, kalian bisa membeli berbagai macam produk-produk UMKM terbaik karya anak bangsa. Tak hanya UMKM dari Sulut saja, melainkan juga dari seluruh pelosok Indonesia.

Adapun, pada pameran di Megamall ini, KPw BI Sulut juga mengakomodir para merchant-merchant maupun UMKM untuk bisa mendapatkan kode QRIS bagi tempat usahanya.

Jadi tunggu apalagi? segera kunjungi booth pameran milik KPw BI Sulut di Megamall Manado dan miliki produk-produk kreatif dari UMKM lokal di Bumi Nyiur Melambai. (Fernando Rumetor)