Penting untuk Dasar Kebijakan Pembangunan, Gubernur Olly Imbau Masyarakat Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat diwawancarai awak media di Kantor Gubernur Sulut. (rivco tololiu)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengajak masyarakat untuk menyukseskan program Pendataan Keluarga tahun 2021.

Pendataan keluarga ini sedang dilakukan oleh BKKBN selama dua bulan terhitung sejak 1 April sampai 31 Mei 2021.

Orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai ini mengakui, pendataan keluarga sangat penting karena hasilnya sebagai dasar kebijakan pembangunan oleh pemerintah.

“Ini sangat penting untuk kita sukseskan bersama. Kemarin, saya terima petugas BKKBN yang mendata keluarga saya Dondokambey-Tamuntuan,” kata Olly, Senin (5/4/2020).

Menurutnya, selain menjadi dasar kebijakan pembangunan, pendataan keluarga yang dilaksanakan BKKBN akan membantu pembentukan “Satu Data Keluarga Indonesia”.

“Olehnya, mari kita masyarakat memberikan data yang akurat kepada petugas BKKBN. Karena dengan adanya data yang akurat pastinya akan sangat membantu pelaksanaan program-program pemerintah kedepan,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo mengatakan, program Pendataan Keluarga 2021 sangat penting, karena akan menghasilkan data mikro tentang kondisi keluarga.

“Setiap keluarga akan didata, bagaimana kondisinya, ketersediaan air bersih, makanan yang dikonsumsi hingga kondisi rumahnya. Data ini sangat penting karena akan menjadi dasar pengambilan kebijakan pemerintah,” jelas Hasto.

Ia menjelaskan, BKKBN saat ini sedang menyusun blue print pembangunan berbasis kependudukan.

“Hasil pendataan ini akan dipakai untuk menghitung indeks pembangunan keluarga, karena selama ini hanya ada data indeks pembangunan manusia,” tandasnya. (rivco tololiu)