Dinilai Kurang Populer, Nasib Yahoo Answer Tinggal Menghitung Hari

oleh -
Yahoo Answers, salah satu platform Tanya Jawab web terlama yang beroperasi sejak 2005, akan ditutup pada tanggal 4 Mei 2021. (foto: istimewa)

JAKARTA – Yahoo Answers, salah satu platform Tanya Jawab web terlama yang beroperasi sejak 2005, akan ditutup pada tanggal 4 Mei 2021. Saat ditutup, semua situs web Yahoo Answers akan mulai dialihkan ke beranda Yahoo.

Yahoo yang sekarang menjadi bagian dari Verizon Media Group mengumumkan perubahan tersebut di bagian atas beranda Yahoo Answers. Pesan tersebut tertaut ke FAQ, yang merinci garis waktu penonaktifan tersebut. Mulai 20 April, platform tidak akan lagi menerima pengiriman baru, FAQ menjelaskan.

Pengguna juga memiliki waktu hingga 30 Juni 2021 untuk meminta data mereka karena setelah itu tidak dapat diakses. “Itu termasuk “semua konten buatan pengguna termasuk daftar Pertanyaan, Pertanyaan, daftar Jawaban, Jawaban, dan gambar apa pun,” kata Yahoo . Pada saat itu, pengguna tidak akan dapat mendownload konten, pertanyaan, atau jawaban pengguna lain.

Sebuah catatan yang dikirim ke anggota aktif Yahoo Answers memberikan sedikit lebih banyak detail tentang mengapa Yahoo menutup platform tersebut, termasuk pengakuan bahwa mereka jadi kurang populer dalam beberapa tahun belakangan ini.

Berikut surat terbuka yang dilayangkan Yahoo Answer terhadap penggunanya,

Komunitas Yahoo Answers yang terhormat,

Kami meluncurkan Yahoo Answers enam belas tahun yang lalu untuk membantu orang di seluruh dunia terhubung dan berbagi informasi. Dengan Anda dan jutaan pengguna lainnya, kami membangun tempat terbaik di web untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang berbagai topik, menciptakan komunitas berbagi pengetahuan global. Meskipun kami sangat bangga dengan pencapaian kami bersama, kami menghubungi Anda hari ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami telah memutuskan untuk menutup Yahoo Answers pada tanggal 4 Mei 2021.

Meskipun peran Yahoo Answers pernah menjadi bagian penting dari produk dan layanan Yahoo, hal itu menjadi kurang populer selama bertahun-tahun karena kebutuhan anggota kami telah berubah. Untuk itu, kami telah memutuskan untuk mengalihkan sumber daya kami dari Yahoo Answers untuk berfokus pada produk yang melayani anggota kami dengan lebih baik dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium terpercaya.

Mulai 20 April, Anda tidak dapat lagi memposting pertanyaan atau jawaban baru. Namun, Anda masih dapat melihat pertanyaan dan jawaban yang diposting hingga 4 Mei. Pada tanggal 4 Mei, situs akan ditutup. Jika Anda ingin mengunduh salinan pertanyaan dan jawaban yang telah Anda posting, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Dasbor Privasi Anda dan meminta unduhan. Anda dapat melakukannya hingga 30 Juni 2021, setelah itu data Yahoo Answers Anda akan dihapus dengan aman dan tidak lagi tersedia. Penutupan Yahoo Answers tidak akan memengaruhi akun Yahoo Anda atau layanan Yahoo lainnya. Untuk informasi dan instruksi lebih lanjut tentang cara mengunduh data Anda, kunjungi Pertanyaan Umum kami atau salin dan tempel URL ini ke browser Anda: https://help.yahoo.com/kb/SLN35642.html

Terima kasih telah berkontribusi pada Yahoo Answers – kami bangga dan terhormat telah membantu Anda terhubung dan belajar dari komunitas Yahoo selama enam belas tahun terakhir. Jika Anda ingin memberikan umpan balik, silakan hubungi tim kami di yahoo_answers_sunset@verizonmedia.com.

Hormat kami, tim Yahoo Answers

Mungkin penutupan tersebut adalah yang terbaik, mengingat situs tersebut tampaknya dibanjiri oleh sampah konspirasi sayap kanan. Beranda Yahoo Answers saat ini menyoroti permata introspektif di bagian penemuannya seperti, “Akankah Amerika bertahan selama 4 tahun dari Joe Biden?” dan “Akankah musim panas ini menjadi rekor kerusuhan oleh BLM dan antifa?”, serta klasik instan ini, “Apakah Stalin benar tentang segala hal?”

Semoga semua orang yang tersesat di Yahoo Answers sekarang menemukan informasi yang mereka cari di tempat yang lebih kredibel.

(Sumber: sindonews.com)