Dies Natalis ke-20, Sidang Senat Poltekkes Kemenkes Manado Realisasi Anggaran 2020 Capai 94%

oleh -
Sidang Senat Poltekkes Kemenkes Manado Realisasi Anggaran 2020 Capai 94% . (VW)

MANADO- Sidang Senat Poltekkes Kemenkes Manado dipimpin langsung Direktur Elisabeth N. Barung dalam rangka Dies Natalis ke-20, di Kampus C, Kelurahan Malendeng, Jumat (16/4/2021). Pun patut diapresiasi dimana realisasi anggaran 2020 capai 94% walau adanya pandemi covid-19.

“Realisasi tahun anggaran 2020, pagu yang ada di Poltekkes Kemenkes Manado sebesar Rp73.889.184.000 dengan realisasi sebesar Rp69.530.384.297 atau dengan capaian 94 %,” ujar Barung saat membacakan Laporan Kinerja Poltekkes Kemenkes Manado.

Menurut dia,  dies natalis ke-20 ini menjadi momentum kita mengevaluasi. Introspeksi atas hasil kinerja kita,  jadi kedepannya harapannya bahwa kinerja Poltekkes Kemenkes Manado adalah selalui meningkat tentunya adalah Together We Can, bersama kita bisa.

“Dies Natalis ini mari kita tetap ada rasa persaudaraan. Bagaimana kita bisa mencapai tujuan kita bersama,” harap dia.

Dikatakan lebih jelas, dalam pelaksanaan program Poltekkes Kemenkes Manado punya kontrak kinerja dengan eselon I yaitu dengan Kepala Badan PTSP Kesehatan kedepannya menjadi Dirjen Kesehatan kita juga selaku satker PK BLU kita juga punya kontrak kinerja dengan Direktur PK BLU.

“Pertama adalah rasio dosen dengan mahasiswa adalah perbandingan antara jumlah dosen yang ada dengan jumlah mahasiswa. Dosen tetap adalah tenaga fungsional, tenanga pengajar yang sudah memiliki  NIDN, sesuai dengan BAN PT adalah 1: 20 sampai 1:30. Tareget kinerja kita 1:22 dan ini dapat tercapai,” terang dia.

Lanjut dia, untuk diketahui tahun 2021 target kita adalah 1:23 ini dalam arti bahwa harus meningkatkan jumlah mahasiswa tapi jangan sampai 1:30.

“Kemudian, untuk presentase serapan lulusan yang bekerja di bidang kesehatan atau dan sesuai bidangnya dalam satu tahun dari kelurahan lulusan pada tahun yang sama. Poltekkes Manado menargetkan 75% lulusan di tahun 2019 terserap di pasar kerja pada tahun 2020,” beber Barung

Lanjut dia, Poltekkes Kemenkes Manado melulusakan mahasiswa sebayak 470 orang Pada tahun 2019. Jumlah lulusan yang sudah bekerja sampai dengan empat tahun dan yang sudah bekerja sampai dengan tahun 2020 sebanyak 259 orang, dengan demikian presentase serapan lulusan di pasar kerja sebesar 55,1 %

“Jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarkat berbasis wilayah dalam satu tahun dilakukan di tahun 2020 kegiatan yang dilaksanakan. Jadi target kita empat kegiatan di dua wilayah kabupaten/kota seperti kita lihat bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan yakni di Desa Kalasey II dan Tateli I Kecamatan Mandolang, serta di Desa Silian Selatan dan Silian Satu Kecamatan  Silian Raya, jadi kegiatan ini dapat dicapai targetnya,” ungkap dia.

Dia menambahkan, targetnya yakni karya yang sudah di usulkan HKI, dari target 124 kita bisa capai 138 jadi capaian bisa 111 persen.

“Poltekkes Kemenkes Manado terus melakukan upaya peningkatan kualitas penelitian dengan memotivikasi dosen-dosen untuk menghasilkan karya yang inovatif selain  itu dosen di fasilitasi mengikuti workshop,” pungkas dia. (valentino warouw)