Kembali Dibuka! Festival Kuliner Ramadan di Megamas Kedepankan Protokol Kesehatan

oleh -
Suasana di Festival Kuliner Ramadan. (FOTO: Istimewa)

MANADO – Megamas Manado sudah delapan tahun melakukan kegiatan Festival Kuliner Ramadan. Namun pada 2020, festival kuliner tidak terlaksanakan lantaran pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Kini masyarakat bisa kembali menikmati Festival Kuliner Ramadan 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Biasanya kita tempat duduknya sekira 800 lebih yang kali ini kita siapkan hanya 250, jadi bisa dilihat sendiri, memang jarak meja dengan meja 2-3 meter dengan luas area seperti ini,” ungkap Youdi Pengelolah Kawasan Megamas, Manado.

walaupun pandemi, ternyata antusiasme masyarakat tidak surut untuk berbuka puasa bersama di tempat tersebut. “Banyak masyarakat bertanya-tanya 2021 festival kuliner jalan gak ya, biasanya kita jalan satu minggu sebelum Ramadan, ini kita jalan setelah Ramadan, jadi antusiasme masyarakat di hari ke-3 sekarang lebih bertambah tetapi tetap dengan social distancing, seperti yang dilihat sekarang banyak yang satu pintu masuk dan satu pintu keluar, pencuci tangan, pengukur suhu, dan harus memakai masker,” ucap Youdi.

Bukan hanya pengunjung yang dibatasi, tetapi tenda-tenda kuliner pun dibatasi dengan jarak.
“Tendapun yang dulu sebelum korona kita bisa sampai 26 tenant kuliner, sekarang hanya 12 dengan masing-masing tenda kuliner kita bikin jarak 2 meter, kalau yang dulu kan langsung berdempet-dempetan, dan kita buka sekarangpun hanya sampai jam 10 malam sesuai dengan peraturan pemerintah kota,” jelasnya.

Para pelaku usaha yang berada di festival kuliner Ramadan pun telah melakukan protokol kesehatan yang telah dianjurkan. “Jadi semuakan rata-rata sudah divaksin, tenant pun dari awal sudah kita sampaikan, dan penjualnya harus memakai masker sesuai dengan protokol kesehatan, meraka masuk sebelum membuka jualan harus mengikuti protokol kesehatan,” tambah Youdi.

“Harapan kami untuk semua mematuhi protokol kesehatan, walau sudah divaksin dan sudah menjadi new normal, sempoga pandemi segera berlalu dan tahun berikutnya tetap ada lagi,” tutup Youdi. (Anastasya Sigar)