Diterima Sekkot Micler, Pemkot Manado Kembali Sabet Penghargaan SAKIP RB Award 2020

oleh -
Sekkot Micler Lakat saat menerima penghargaan SAKIP RB Award 2020 yang diserahkan Menpan-RB Tjahjo Kumolo. (ist)

MANADO — Mengakhiri masa jabatan yang tinggal menghitung hari, kinerja pemerintahan Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan kembali menuai pengakuan di tingkat nasional.

Pemerintah Kota Manado diganjar penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) karena berhasil mempertahankan nilai BB, atas laporan akhir evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2020. SAKIP dengan predikat ‘BB’ merupakan yang tertinggi dari 15 kabupaten dan kota se-Sulawesi Utara.

Wali Kota GS Vicky Lumentut diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Micler Lakat menerima penghargaan yang diserahkan langsung Menpan RB Tjahjo Kumolo di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Sekkot Micler Lakat (kedua dari kiri) bersama sejumlah perwakilan pemerintah daerah yang mendapatkan penghargaan dari Kemenpan-RB di Hotel Bidakara, Jakarta. (ist)

Sekkot Micler menegaskan, sesuai instruksi wali kota, jajajan pemkot terus berupaya meningkatkan kualitas SAKIP yang fokus pada pencapaian prioritas pembangunan Kota Manado. “Melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala,” ujar Micler.

Lanjut dia, orientasi kinerja tidak lagi sekadar membuat laporan atau menyerap anggaran. “Namun, bagaimana menciptakan multiplier effect bagi kemajuan kualitas hidup masyarakat. Di mana, hasil pembangunan dan kinerja Pemkot Manado harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tukas birokrat familiar itu. (kimgerry)