Klasemen Serie A 2020/2021: Raih Poin Sama, Ini Alasan Napoli di Atas Juventus dan Milan

oleh -
Perburuan posisi empat besar Serie A 2020/2021 kian sengit setelah Napoli menang. (Foto : istimewa)

NAPLES – Perburuan posisi empat besar Serie A 2020/2021 kian sengit setelah Napoli dan Lazio memetik kemenangan atas lawan masing-masing, Senin (26/4/2021) malam waktu lokal atau Selasa (27/4/2021) dini hari WIB. Napoli menggeser Juventus , sedangkan AC Milan terlempar di posisi kelima.

Inter Milan masih memuncaki klasemen dengan perolehan 79 poin dari 33 laga yang sudah dimainkan. Pasukan Antonio Conte nyaman di puncak klasemen, sebab peringkat kedua yang dihuni Atalanta sejauh ini hanya bisa mengoleksi 68 poin saja, yang berarti ada jarak 11 poin dengan Inter.

Dengan Serie A 2020/2021 tinggal menyisakan lima pertandingan lagi, maka Inter pun hanya perlu meraih dua kemenangan lagi untuk bisa memastikan gelar juara. Tentunya hal itu jelas menjadi sebuah kabar yang sangat baik untuk Romelu Lukaku dkk.

Posisi ketiga diisi Napoli yang baru saja meraih tiga poin di laga kontra Torino pada Selasa (27/4/2021). Pasukan Gennaro Gattuso melewati Juventus dan AC Milan.

Napoli sebenarnya memiliki jumlah poin yang sama dengan Juventus dan Milan, yakni sama-sama mengoleksi 66 poin. Jadi, persaing memperebutkan posisi empat besar sampai saat ini masih terbuka lebar.

Mengapa Napoli lebih unggul dari Juventus meski sama-sama mengumpulkan 66 poin dan dengan rekor head-to-head yang identik?

Jawabannya, di Serie A, faktor pertama ketika memutuskan antara dua tim dengan jumlah poin yang sama adalah rekor pertemuan mereka.

Dalam hal ini, rekor pertemuan Napoli vs Juventus musim ini juga identik, karena Napoli menang 1-0 di kandang dan kalah 2-1 di tandang.

Saat menghitung rekor head-to-head, gol tandang tidak diperhitungkan, jadi dalam hal ini keduanya memiliki tiga poin (saling mengalahkan), mencetak dua gol dan kebobolan dua gol.

Setelah itu, faktor selanjutnya adalah selisih gol secara keseluruhan dan di sini Napoli berada di atas angin. Partenopei -julukan Napoli- memiliki selisih gol +36 (mencetak 73 dan kebobolan 37), sedangkan Juventus mencetak 65 gol dan kebobolan 30, memberi mereka selisih gol +35. Namun, ini sangat dekat dan bisa berubah seiring berjalannya kompetisi

Milan setidaknya masih bisa di urutan ketiga, karena mereka memiliki rekor head-to-head yang lebih unggul dengan Napoli, setelah menang 3-1 di Napoli dan kalah 1-0 di San Siro.

Rekor pertemuan Milan dengan Juventus masih belum diputuskan, karena mereka akan bertandang ke Turin pada 9 Mei.
Klasemen Serie A 2020/2021: Poin Sama, Ini Alasan Napoli di Atas Juventus dan Milan

Juventus pun menjadi tim yang bertengger di peringkat keempat, baru setelah itu Milan yang menempati posisi kelima. Milan pun baru menempati peringkat kelima setelah gagal meraih poin di pertandingan kontra Lazio yang juga digelar pada hari ini, Selasa (27/4/2021).

Pada laga yang berlangsung di Stadion Olimpico itu, Milan tepatnya dihajar Lazio dengan skor 0-3. Kegagalan Milan dalam menaklukkan Lazio itulah yang membuat Milan pada akhirnya terlempar dari posisi empat besar.

Sementara Lazio sendiri masih menempati peringkat keenam. Meski begitu, Lazio yang sudah mengumpulkan 61 poin itu kini hanya berbeda lima angka saja dengan Milan yang berada di urutan kelima.

Perbedaan yang sangat tipis itulah yang membuat persaingan di Serie A Italia 2020/2021 semakin menarik. Sulit menembak siapa tim yang bakal mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan.

(Sumber: sindonews.com)