Tes GeNose C-19 Kini Bisa di Bandara Sam Ratulangi Manado, Harga Hanya Rp40.000

oleh -
Tampak salah seorang penumpang melakukan tes Covid-19 dengan alat GeNose C-19. (Foto: Istimewa)

 

MANADO – Pelaksanaan tes Covid-19 menggunakan alat GeNose C-19 sudah mulai bisa digunakan oleh penumpang pesawat sejak Kamis (29/4/2021) di Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) Manado.

General Manager Bandara Samrat Manado, Minggus Gandeguai mengatakan, penerapan tes GeNose C-19 telah sesuai protokol kesehatan. Mulai dari antrian hingga pengambilan sampel, telah sesuai aturan yang ada.

“Hanya yang perlu kami tekankan adalah pengambilan sampel untuk pemeriksaan GeNose C-19 itu sensitif. Jadi harus puasa minimal 30 menit sebelum pengambilan sampel,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Seperti kata Minggus, untuk pemeriksaan menggunakan GeNose C-19, kalian harus berpuasa selama minimal 30 menit tidak boleh makan, minum dan merokok. Lalu ada beberapa persyaratan lainnya seperti membawa Tiket pesawat dan KTP.

“Yang menjadi masalah ialah orang datang untuk ambil sampel, tetapi ternyata belum puasa selama 30 menit, sehingga karena alat ini sensitif, maka bisa saja menunjukkan hasil yang positif. Untuk itu memang harus benar-benar mengikuti aturan puasa ini,” papar Minggus.

Pihak Bandara Samrat Manado pun sudah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi terkait penyediaan tes Covid-19 menggunakan GeNose C-19. “Kami sudah sosialisasi lewat media-media milik Angkasa Pura, sehingga masyarakat bisa paham,” tuturnya.

“Karena rata-rata penumpang per hari di Bandara Sam Ratulangi ini ada 2000an, makanya kami siapkan sekira 200 kantong untuk tes GeNose C-19,” tambahnya. Untuk diketahui, lokasi fasilitas tes ada di lantai dua terminal Bandara Samrat Manado.

Dari pantauan wartawan SINDOMANADO.COM, sejak konter pemeriksaan dibuka pada pukul 07.00 WITA hingga pukul 10.00 WITA, sekira 16 orang telah menggunakan fasilitas pemeriksaan ini untuk dijadikan sebagai syarat melakukan perjalanan.

Adapun pemeriksaan GeNose C-19 di Bandara Samrat Manado dilakukan setiap hari mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 16.00 WITA oleh Laboratorium Klinik Medylab yang sebelumnya telah menjadi vendor penyedia jasa pemeriksaan Rapid Test Antibody dan Antigen.

Sementara itu, salah satu penumpang pesawat yakni Juliana Rantung mengatakan bahwa tes GeNose C-19 sangat membantu penumpang, apalagi antrian untuk tes tak terlalu panjang, berbeda dengan Rapid Test Antigen yang antriannya lumayan panjang.

“Harganya juga lebih murah, apalagi saya saat ini berangkat bersama keluarga, sangat terasa sekali perbedaan harga tes GeNose yang Rp40.000 dibandingkan dengan Antigen yang Rp170.000,” tukasnya.

Sekali pemeriksaan GeNose C-19, kalian cukup membayar Rp40.000 saja. Namun, tes harus dilakukan sebelum keberangkatan. (Fernando Rumetor/Anastasya Sigar)