Dukung Target 1 Juta per Hari, Bandara Samrat Manado Buka Sentra Vaksinasi Covid-19

oleh -
Tampak pelaku perjalanan yang mengikuti kegiatan vaksinasi di Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto: istimewa)

MANADO – PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan sentra vaksinasi Covid-19 di seluruh bandara kelolaan mulai 5 Juli 2021. Hal ini merupakan bentuk dukungan perusahaan untuk mewujudkan target satu juta vaksin per hari pada Juli.

Dan kemudian target dua juta vaksin per hari pada Agustus seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat membuka Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada 30 Juni lalu.

“Angkasa Pura I mendukung target Pemerintah dalam mewujudkan target 1 juga vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus 2021 dengan menyediakan sentra vaksinasi di 15 bandara kelolaan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, dalam rilis yang diterima, Rabu (7/7/2021).

“Diharapkan dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khusus calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin sehingga herd immunity berdasarkan vaksin dapat terwujud,” sambungnya.

Penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) masing-masing bandara, Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan komunitas bandara lainnya.

KKP dan Dinas Kesehatan setempat bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang menyediakan tenaga kesehatan dan vaksin. Layanan vaksinasi di Bandara Sam Ratulangi Manado sendiri berlokasi di Lantai 1 Lobby Keberangkatan (Ex-food court) dan beroperasi dari pukul 08.00 – 16.00 WITA.

“Adanya layanan vaksinasi ini diharapkan mampu mempermudah masyarakat khususnya calon penumpang untuk mendapatkan vaksin sebagaimana menjadi salah satu syarat perjalanan,” ungkap General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T Gandeguai.

Lebih jauh, kata Minggus, diharapkan dengan mulai tersebarnya lokasi sentra vaksinasi maka semakin banyak masyarakat yang mendapat vaksin sehingga herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19 dapat terbentuk.

Minggus menyampaikan pula apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang terlibat dalam terwujudnya sentra vaksinasi di Bandara Sam Ratulangi Manado, dengan kolaborasi yang baik diharapkan pelayanan vaksinasi kepada calon penumpang dapat berjalan lancar.

Dari pihak KKP Kelas II Manado, dr.Priska Y.M.C Tolala selaku Penanggung jawab vaksinasi di Bandara Sam Ratulangi Manado mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini dikhususkan untuk calon penumpang dengan vaksinasi dosis pertama dan bukan peserta vaksinasi gotong royong.

“Bagi yang ingin melakukan vaksinasi di bandara diharapkan untuk tiba maksimal 4 jam sebelum keberangkatan dan jangan lupa untuk mengikuti seluruh prosedur yang ada,” bebernya.

Untuk dapat mengikuti vaksinasi di sentra vaksinasi bandara, terdapat beberapa syarat dan ketentuan. Pertama, menunjukkan KTP Asli dan tiket/ e-ticket penerbangan sesuai dengan dengan jadwal penerbangan.

Kedua, telah memiliki RT-PCR/Antigen yang masih berlaku untuk perjalanan. Ketiga, usia di atas 12 tahun. Keempat, bagi ibu hamil usia kehamilan lebih dari 14 minggu. Kelima, tidak memiliki riwayat penyakit yang menjadi kontraindikasi untuk vaksin. Keenam, mengikuti proses vaksinasi sesuai prosedur.

Penyediaan sentra vaksinasi ini sekaligus mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat). (Fernando Rumetor/*)