Bupati Lasut Keluarkan Surat Edaran Pemberlakuan PPKM Mikro di Talaud

oleh
dr. Elly E. Lasut. (FOTO: Istimewa)

TALAUD – Perdana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud melalui Bupati Talaud dr. Elly Engelbert Lasut (E2L), telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro.

Surat Edaran Bupati yang bernomor 130/1039/BPBD tentang Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di Kabupaten Talaud.

“Berdasarkan tren peningkatan penyebaran corona virus desease 2019 di Provinsi Sulawesi Utara termasuk Kabupaten Talaud, maka untuk mengantisipasi penyebaranya, pemerintah daerah harus mengambil langkah pencegahan,” ujar Lasut kepada awak media.

Lanjutnya, lqangkah tersebut dengan cara pemberlakuan pembatasan pergerakan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Talaud. Seperti Kecamatan Beo, Lirung ,Melonguane serta Rainis berlaku di seluruh Kelurahan dan Desa, kecamatan Nanusa di seluruh Desa di Pulau Marampit, kecamatan Melonguane Timur berlaku di Desa Bowombaru Utara, Kecamatan Beo Utara berlaku di Desa awit, Kecamatam Pulutan berlaku di Desa Daran Utara dan Kecamatan Kabaruan berlaku di Desa Mangaran, seperti tertulis pada surat edaran Bupati point satu.

“Kepada kecamatan-Kecamatan yang diperlakukan PPKM berskala mikro dan yang tidak, ada beberapa poin yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh segenap masyarakat sesuai dengan isi dari surat edaran tersebut,” papar Bupati E2L.

Ada juga beberapa point penting tentang ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi oleh setiap lapisan masyarakat yang tertulis dalam isi surat edaran pada point empat ayat 1 sampai 12.

Saat ditanya soal sanksi yang tidak mengindahkan Surat Edaran tersebut, Bupati Lasut mengatakan dengan tegas bahwa bagi yang tidak mengindahkan surat edaran ini akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Satpol PP dan satuan tugas penanganan Covid 19 masing -masing tingkatan akan mengawasi, menindak dengan tegas bagi yang tidak mengindahkan surat edaran ini.

Surat edaran Bupati Talaud ini, berlaku sejak tanggal dikeluarkan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,yakni Tanggal 9 Juli 2021. (Jasman)