Demi Divaksin, 2.070 Warga Perbatasan Serbu Pangkalan TNI-AL Melonguane

oleh -
Suasana Vaksin Reguler di Lapangan Tembak TNI-AL Melonguane. (Foto:Istimewa)

TALAUD – Setelah melaksanakan program serbuan vaksinasi (Servak) masyarakat maritim dan dilanjutkan dengan program vaksinasi reguler, Pangkalan TNI AL (Lanal) Melonguane kembali melaksanakan Servak bertempat di Lapangan Tembak Mako Lanal Melonguane. Walaupun keterbatasan stok vaksin, sampai dengan hari ini Servak oleh Lanal Melonguane berhasil menembus 2.070 masyarakat di wilayah perbatasan paling Utara NKRI, Sabtu (17/7/2021).

Danlanal Melonguane, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla mengatakan bahwa animo masyarakat di perbatasan terus meningkat untuk mengikuti vaksinasi, namun dikarenakan jumlah stok vaksin yang sangat terbatas, maka pelayanan vaksinasi yang dilaksanakan menyesuaikan jumlah vaksin yang ada. Animo yang terus meningkat tersebut mengindikasikan bahwa kesadaran masyarakat di perbatasan akan vaksinasi terus meningkat. Hal tersebut mendapatkan apresiasi oleh Danlanal.

Walaupun sudah sering memberikan imbauan agar masyarakat terus disiplin protokol kesehatan Covid-19, melalui media ini Danlanal Melonguane tak henti kembali memberikan imbauan walaupun masyarakat telah divaksin, agar tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau kami prajurit TNI dan masyarakat yang sudah divaksin saja masih terus displin, apalagi masyarakat yang belum divaksin. Mencegah lebih baik daripada mengobati, tubuh yang sudah divaksin akan jauh lebih kuat dibanding yang tidak divaksin”, ujar Pamen berpangkat Letkol Marinir pemegang tongkat komando kesatuan matra laut di perbatasan di ujung Utara NKRI ini.

Lanjut ia, ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, tapi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar bersedia mengikuti program vaksinasi, maka pepatah tersebut kita ganti menjadi “Tak Kenal Maka Tak Kebal”. Apa artinya? Vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh kita akan membentuk sistem kekebalan tubuh (antibodi) dengan sistem yang unik, bagi kita yang telah divaksin, maka tubuh kita dalam hal ini sel darah putih akan mengenali virus tersebut, sehingga apabila ada virus yang kembali masuk ke tubuh kita, sistim pertahanan tubuh akan mengenali virus tersebut untuk kemudian menyerangnya.

Bagi yang belum divaksin maka tubuh mereka belum mengenali virus corona yang masuk, sehingga sistim pertahanan tubuh tidak/kurang siap untuk menghadapinya. Jadi mari ikuti program vaksinasi, agar tubuh kita lebih kuat/kebal terhadap serangan virus Corona yang sampai saat ini terus menyebar luas,” ujar Danlanal Melonguane mengutip berbagai referensi/sumber.

“Apresiasi kepada seluruh prajurit dan jalasenastri di jajaran Lanal Melonguane yang selama 446 hari ini terus tanpa henti melaksanakan berbagai kegiatan guna pencegahan penyebaran Covid-19 baik pendisiplinan protokol kesehatan di pelabuhan/kapal, PPKM, uapaya mitigasi dampak Covid-19 melalui program ketahanan pangan, serbuan vaksinasi dll yang terus berkesinambungan tanpa henti. Kami mungkin tidak banyak, tapi kami berusaha untuk banyak bermanfaat,” tutur Danlanal Sucipto dengan penuh bahagia.(Jasman)