Bangga! 3 Tahun Berturut-turut Ferdinand Tahulending dan Tim Percantik Ruang VIP Presiden di Sidang Tahunan MPR-RI

oleh
Salah satu hasil dekorasi Ferdinand Tahulending dan tim Jie Decor di Sidang Tahunan MPR-RI 2021. (Foto: Istimewa)

 

MANADO – Bangga! itulah kata yang tepat untuk menggambarkan pencapaian yang diraih oleh tim dekorasi ‘Jie Decor’ yang di dalamnya banyak warga Sulawesi Utara (Sulut).

Bagaimana tidak, Jie Decor sudah tiga tahun berturut-turut dipercayai untuk mendekorasi Ruangan VIP Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Indonesia dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI).

Di Sidang Tahunan MPR-RI 2021 ini, Jie Decor juga dipercayai untuk mendekorasi berbagai ruangan lainnya, seperti ruangan untuk tamu-tamu penting negara, serta mendekorasi pintu masuk utama, hingga Ruang Nusantara.

Salah satu hasil dekorasi Ferdinand Tahulending dan tim Jie Decor di Sidang Tahunan MPR-RI 2021. (Foto: Istimewa)

“Tema dekorasinya sesuai HUT-RI ke-76 yakni Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” ujar Ferdinand Tahulending, bagian Production di Jie Decor, kala membagikan kisahnya kepada SINDOMANADO.COM, Senin (16/8/2021).

Diketahui, untuk mempercantik ruangan yang ditempati orang nomor satu di tanah air itu, Ferdinand yang akrab disapa Iwan, bersama sekira 50 orang anggota tim melakukan pengerjaan dekorasi selama tiga hari, yakni sejak tanggal 13-15 Agustus 2021.

“Dekorasi kali ini penuh nuansa merah putih dengan berbagai hiasan dari bunga lokal, serta tumbuhan tropis yang mewakili semua daerah di indonesia, salah satunya daun woka bete dari Sulut. Semuanya kita ambil dari para Petani Indonesia,” pungkasnya.

Tak hanya itu saja, Iwan bersama tim pun mengkombinasikan bermacam-macam tanaman itu dengan berbagai kain dari seluruh daerah se-Indonesia. Hal ini menggambarkan semangat ‘Bhinneka Tunggal Ika’ pula dalam dekorasi yang dibuat.

“Kita menggunakan kain songket Sumatera, batik Jawa, ornamen-ornamen bermotif khas Bali, tenun Timor, anyaman Papua, serta ornamen anyaman rotan Kalimantan. Untuk persiapannya sendiri kita mulai sejak satu minggu sebelum hari H,” bebernya.

Iwan pun menyebut, tidak ada kesulitan berarti yang dihadapi. “Hanya saja untuk tahun ini karena kasus Covid-19 sedang meningkat, kita diharuskan mengikuti swab test setiap kali masuk kompleks MPR-RI selama tiga hari itu,” ungkapnya.

Selain harus di-swab-tes setiap kali masuk Rumah Rakyat, lelaki asal Siau dan anggota tim Jie Decor lainnya yang kebanyakan merupakan warga Kawanua ini, diharuskan juga melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat.

Iwan pun berharap agar pandemi Covid-19 cepat berlalu. “Agar kita bisa kembali hidup normal. Sebab, keadaan saat ini sangat menghambat kita semua untuk berkarya,” tutur Iwan yang sudah malang melintang di dunia dekorasi ini.

Capaian Jie Decor yang tiga kali berturut-turut mendekor dalam acara Sidang Tahunan MPR-RI pun mendapat apresiasi dari masyarakat Bumi Nyiur Melambai yang mengomentari postingan di Facebbok milik Jinno Rauw, sang Decor Stylist di Jie Decor.

“Wowwww kerenn Jinno Rauw” tulis akun Sandra Wulur, begitupun dengan akun Khoni Jansen. “Congratz Jinno Rauw and Ferdinand Herri Tahulending …prouddd”. (Fernando Rumetor)