Besok, Pemprov dan TP PKK Sulut Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Bitung dan Minsel

oleh -
Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut Fereydy Kaligis. (dok.sindomanado)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sulut akan menyalurkan bantuan di Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Bantuan tersebut diperuntukan untuk para korban bencana musibah kebakaran di Pasar Tua Kota Bitung dan angin puting beliung di Kabupaten Minsel.

“Iya, rencanannya bantuan akan diserahkan besok secara simbolis oleh Ketua TP PKK Sulut, Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Sekretaris TP PKK Sulut Ibu Devi Kandouw-Tanos di Bitung dan Minsel,” ungkap Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulut, Fereydy Kaligis, Kamis (8/9/2021).

Ia menuturkan, bantuan tersebut merupakan kepedulian dari Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk warga yang menjadi korban kebakaran di Bitung dan bencana alam di Minsel.

“Bantuannya berupa uang tunai bagi setiap kepala keluarga (KK) yang menjadi korban kebakaran dan bencana alam. Saat ini, administrasinya sudah rampung dan bantuan segera akan disalurkan,” jelasnya.

Kaligis menjelaskan, korban kebakaran di Pasar Tua Kota Bitung terdata sebanyak 174 KK dengan total bantuan Rp261 juta.

Sementara itu, korban bencana alam di Kabupaten Minsel jumlahnya sebanyak 125 KK, terbagi di Desa Tumaluntung sebanyak 57 KK dan Desa Tumaluntung Satu sebanyak 68 KK dengan jumlah total Rp216,5 juta.

“Pemprov Sulut juga rencananya akan menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Tompaso Baru,” tukasnya.

Lanjut dia, bantuan uang tunai ditersebut akan disalurkan ke rekening penerima.

“Kalau di Bitung ditranfer pakai rekening virtual. Kalau di Minsel pakai rekening pribadi atau perorangan. Memang butuh waktu untuk merampungkan administrasinya, supaya penerima bantuan betul-betul masyarakat yang menjadi korban,” tandasnya. (rivco tololiu)