Tingkatkan Kualitas Pelayanan Samsat

oleh -
Rapat koordinasi resmi dibuka. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulawesi Utara (Sulut) Olvie Atteng membuka secara resmi rapat koordinasi Tim Pembina Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Provinsi Sulut di Manado, Rabu (10/9/2021).

Dalam rapat, tampak hadir jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut, Jasa Raharja Sulawesi Utara, dan Bank SulutGo. “Tim Pembina Samsat terdiri Ditlantas Polda Sulut, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut dan Jasa Raharja Sulut melakukan pembahasan mengenai standar pelayanan di Samsat agar sesuai dengan ketentuan berdasarkan rekomendasi dari pemerintah pusat,” kata Kepala PT Jasa Raharja Sulut Pahlevi Bernawi Syarief.

Forum ini untuk menyatukan persepsi dan menegaskan komitmen dari para pembina Samsat di Sulut untuk mewujudkan pelayanan Samsat yang optimal. Kualitas pelayanan samsat sudah baik. Terbukti setiap pengaduan dari masyarakat baik melalui kotak aduan maupun laporan langsung segera ditindaklanjuti petugas samsat demi kepuasan masyarakat pengguna layanan Samsat.

Menurut Olvie Atteng, kualitas pelayanan samsat terkait dengan tiga faktor penting yang berujung pada kecepatan dan kecermatan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Ketiganya yaitu, kompetensi aparatur, penerapan teknologi dan peraturan.

Sebagai informasi, tujuan rakor tim pembina samsat ini untuk memantapkan koordinasi pelaksanaan Samsat, terciptanya persepsi yang sama dalam penanganan pelaksanaan penataan, penertiban dan pungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan membangun sinergitas antara Tim Pembina Samsat.

Rakor tim pembina samsat juga diharapkan dapat memperkuat komitmen dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat/wajib pajak di Sulut, menjaring kendaraan bermotor yang menunggak pajak dan mendapatkan langkah-langkah strategis dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah, agar target yang diharapkan dapat tercapai. (Redaksi) 

No More Posts Available.

No more pages to load.