Decky Tuwo Terpilih Ketua Pengda PASI Minsel Periode 2021-2025

oleh -
Decky Tuwo jabat Ketua Pengda PASI Minsel. (Ist)

AMURANG- Musyawarah Persatuan Altletik Seluruh Indonesia (PASI) Minahasa Selatan (Minsel) sepakat memilih Decky Tuwo sebagai Ketua Pengurus daerah (Pengda) PASI Minsel periode 2021-2025 di Amurang, Sabtu, (25/9/2021).

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI Sulut Jemmy Mokolensang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pengurus Daerah (Pengda) PASI Minsel yang telah memiliki atlet yang berprestasi seperti Velentine Lonteng.

“Dia atlet atletik peraih Medali Emas Nomor 100 M putri di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 dan terpilih masuk pelatnas SEA Games 2021,” ujar Mokolensang.

Menurut dia, sangat berbangga Pengda Minsel memiliki pelatih yang handal seperti Nitje Durand dan telah menghasilkan kader muda seperti Valentine.

” Nitje Durand adalah mantan ratu sprinter Indonesia asal Minsel, kini beliau telah memiliki penerus untuk mengharumkan nama Sulut dibidang olahraga atletik,” terang Mokolensang.

Mokolensang menjanjikan, perbaikan organisasi di internal PASI Sulut, dan peningkatan prestasi mulai dari usia dini sejak SD, SMP dan SMA, dengan menggiatkan kembali pencarian bibit atlet atletik kabupaten dan kota di Sulut melalui pertandingan rutin.

Nitje Durand mengatakan, Valentin Vanessa Lonteng memiliki deretan prestasi seperti juara satu 100 meter Popnas di Jakarta, juara satu  200 meter Popnas di Jakarta, juara satu 200 meter kejurnas Junior di Cibinong Bogor.

“Valentine juga adalah juara satu nomor 100 meter, 200 meter Porkab Minsel dan Juara satu O2SN Sulut,” ujarnya.

Pada kesempatan itu,  Ketua KONI Minsel Franky Wongkar mengatakan, Minsel memiliki potensi pelari yang berprestasi.

” Bahkan fenomena menarik yang terjadi di Minsel yakni event lari ilegal dimalam hari. Kedepan kegiatan seperti itu akan diarahkan kearah positif dalam pembinaan PASI Minsel,” ujar Wongkar Bupati Minse itu.

Dia menambahkan, Pemkab Minsel rencananya akan membangun lintasan atletik untuk menyalurkan potensi generasi muda dalam bidang olahraga atletik. “Lintasan atletik ini akan dibangun di Desa Pondang,” pungkas dia. (valentino warouw)