Menteri Bintang Puji Ide Kreatif Dinas P3AD Sulut Luncurkan Buku Profil Gender dan Anak

oleh
Menteri Bintang Puspayoga dalam giat launching Buku Profil Gender dan Anak Provinsi Sulut. (foto: istimewa)

TOMOHON – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga melakukan sejumlah kegiatan dalam kunjungan kerja (kunker) di Kota Tomohon, Selasa (19/20/2021).

Menteri turut didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Tamuntuan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (P3AD) Provinsi Sulut, dr Kartika Devi Tanos.

Salah satunya giatnya yaitu melaunching Buku Profil Gender Anak Provinsi Sulut Tahun 2021 di Kawasan Danau Linow, Tomohon.

Menteri Bintang memberikan apresiasi yang tinggi atas terobosan dan ide kreatif dari Dinas P3AD Sulut yang telah meluncurkan buku tersebut.

“Saya atas nama jajaran Kementerian PPPA RI tentunya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya ide yang luar biasa ini,” ujarnya.

“Ketika adanya buku profile gender dan anak artinya apa? Kita untuk mengintervensi, apa yang harus kita lakukan berkaitan dengan pemberdayaan perempuan. Demikian juga dengan pemenuhan hak anak intervensi agak tepat. Makanya, sekali lagi saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya,” sambungnya.

Usai dari situ, Menteri Bintang mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tomohon untuk meninjau vaksinasi anak.

Ia juga mengunjungi Lembaga Pembinaan Perempuan. Menteri berkesempatan melihat aktivitas para nara pidana, seperti pembuatan batik, proses pengolahan kerajinan tangan, pengolahan minyak kelapa murni hingga peninjauan kegiatan vaksinasi bagi anak. Bahkan berbagai bantuan juga disalurkan bagi warga binaan anak.

Menteri Bintang mengapresiasi atas kerja sama dan sinergitas yang terjalin antara Pemprov Sulut dan Pemerintah Kota Tomohon dalam upaya pendampingan warga binaan anak dan perempuan yang berada di Lapas.

“Dengan adanya pendamping ini, kita tentu berharap semua anak-anak dan perempuan yang ada di Lapas ini bisa segera keluar dan tidak kembali lagi ke tempat ini. Karena saya melihat semangat anak-anak di LPKA itu sangat besar, jadi harapan ini jangan sampai sirna,” tandasnya.

Turut hadir dana giat menteri di Tomohon yakni Wali Kota Carrol Senduk, Wakil Wali Kota Wenny Lumentut, Sekkot Edwin Roring, Ketua TP-PKK Tomohon Jeand’arc Senduk-Karundeng dan Sekretaris TP-PKK Tomohon Eleonora Lumentut-Sangi. (rivco tololiu)