Wapres Ma’ruf Amin Puji Sulut di Peresmian Konas FKUB ke-VI dan Pekan Kerukunan Internasional

oleh
Gubernur Olly Dondokambey mendampingi Wapres Ma'ruf Amin dalam peresmian Konas FKUB ke-VI dan Pekan Kerukunan Internasional di Sulut. (foto: istimewa)

MINUT – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin bangga dengan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) yang terus memupuk sikap toleransi antarumat beragama.

Itu disampaikannya di peresmian Konferensi Nasional (Konas) Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) ke-VI di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara (Minut), Jumat (19/11/2021).

“Peran tersebut berkat bimbingan gubernur dan unsur Forkopimda yang terus bersinergi,” ungkapnya.

Wapres juga mengapresiasi FKUB Indonesia, FKUB Sulut dan pemerintah, karena sukses menjadi tuan rumah agenda nasional tersebut.

“Momentum Konas FKUB di Sulut kiranya dapat semakin memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk persaudaraan manusia di dunia,” harapnya.

Menurutnya, Konas FKUB ke-IV di Sulut sebagai forum penguatan dan tukar informasi antar FKUB provinsi dan kabupaten/kota.

“Masyarakat kita majemuk dalam agama, suku dan budaya. Pendiri bangsa hadirkan Pancasila sebagai titik temu bagi masyarakat kita. Pendiri negara punya empati mengedepankan kepentingan bersama. Ini harus dijaga demi keutuhan bangsa, dan harus kita wariskan ke generasi milenial,” tukasnya.

Wapres juga mengajak masyarakat Sulut untuk tetap menjaga kerukunan, karena kurukunan sebagai unsur utama bagi kerukunan nasional.

“Kerukunan tidak datang sendiri, tapi harus diupayakan dan dijaga terus menerus. Untuk itulah dibentuk FKUB yang tugas utamanya menjaga kerukunan dalam bentuk dialog dan mediasi agar tidak konflik,” tuturnya.

Ia menyebut, tantangan FKUB semakin berat di era digital yang cepat sekarang ini, terlebih dalam menghadapi informasi hoaks.

“Waspada hoaks karena dapat membuat keterbelahan umat dan masyarakat. Tokoh agama diharapkan jadi benteng kuat dan jangan terprovokasi dengan media sosial,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wapres RI, Ma’ruf Amin di Provinsi Sulut.

Gubernur mengakui masyarakat Sulut bersyukur karena Sulut dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Konas FKUB ke-IV dan Pekan Kerukunan Internasional.

“Terima kasih bagi Bapak Wapres Ma’ruf Amin yang boleh hadir di Sulut. Kegiatan ini menjadi kebanggaan bagi kami masyarakat Sulut,” imbuhnya.

Ia mengatakan, kerukunan dan toleransi di wilayah Nyiur Melambai sudah berlangsung turun-temurun.

“Aspek kerukunan selalu mengiringi setiap proses pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara,” tandasnya. (rivco tololiu)