Donny Aray Beber Pentingnya Peran Jurnalis Dorong Pengembangan Pariwisata Sulut di Tengah Pandemi

oleh -79 Dilihat
Koordinator JIPS Donny Aray saat menjadi salah satu pembicara di Talkshow Festival Bunaken 2021. (foto: istimewa)

MANADO – Ruang gerak masyarakat yang terbatas akibat pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar bagi pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Sehingga diperlukan adanya kolaborasi dan penyesuaian pola atau medium komunikasi, agar informasi dan layanan publik tetap berjalan dengan baik.

“Kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk membangun dunia pariwisata di Sulut sangatlah penting, termasuk para jurnalis,” ungkap Koordinator Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), Donny Aray dalam Talkshow ‘Kolaborasi Dunia Pariwisata dan Para Jurnalis’ di Event Festival Bunaken 2021 di Pulau Bunaken, Manado, Sabtu (27/11/2021).

Wartawan Kompas TV ini menyebut, promosi pariwisata dengan melibatkan para jurnalis di daerah berdampak positif untuk kemajuan sektor pariwisata.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19, pers berperan besar untuk menyebarluaskan informasi dan event yang dilaksanakan secara terbatas akibat kondisi saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Sulut, Henry Kaitjily mengakui peran media memang sangat penting menunjang program pariwisata pemerintah.

“Saya berharap para jurnalis di Sulut untuk terus menyebarluaskan berbagai event dan destinasi wisata ke dunia luar. Ini sangat penting agar promosi dan program-program kita bisa diketahui masyarakat luas,” ungkap Kaitjily.

Sebelumnya, Kepala Biro Kemenparekraf Agustini Rahayu menegaskan, pentingnya peran media dalam membantu menyampaikan informasi dan pemahaman tentang tantangan yang harus dihadapi bersama seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Karenanya, ia membuka jalinan kerja sama dengan media untuk bersama untuk meningkatkan kembali pariwisata di Indonesia.

“Kita perlu meyakinkan konsumen. Mengembalikan kepercayaan masyarakat luas, kepercayaan wisatawan. Itu paling penting untuk terjadi sekarang ini,” kata Ayu sapaan akrabnya dalam diskusi bertajuk ‘Jurnalisme Pariwisata di Era New Nornal’ di Hotel Milenium Jakarta, Jumat (20/11/2021).

Sekedar diketahui, selain talkshow, Festival Bunaken 2021 banyak menyuguhkan kegiatan-kegiatan menarik yang digelar dengan konsep berbeda dengan melibatkan warga di Pulau Bunaken. (rivco tololiu)

No More Posts Available.

No more pages to load.