Satu Dasawarsa OJK, Beri Penghargaan untuk Wartawan dan Aksi Sosial Kemasyarakatan

oleh
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Foto: istimewa)

JAKARTA – Peringatan Ulang Tahun Satu Dasawarsa OJK diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti Lomba Artikel dan Foto untuk Jurnalis serta serangkaian aksi sosial untuk masyarakat. Ulang tahun OJK yang diperingati setiap tanggal 22 November tahun ini mengusung tema “Satu Dasawarsa OJK : Mengabdi Bagi Negeri”.

Lomba Artikel dan Foto untuk Jurnalis berlangsung sejak 1 Oktober hingga 4 November 2021 dan terbuka untuk insan media di seluruh Indonesia. Lomba penulisan artikel jurnalistik diikuti 99 wartawan dengan jumlah karya 168 artikel. Sedangkan lomba foto diikuti oleh 121 wartawan dengan total karya foto 420.

Hasil penjurian telah diumumkan pada Sabtu ini bersamaan dengan penutupan perayaan HUT OJK. Untuk kategori lomba artikel pemenangnya:
– Juara 1: Ardi Teristi Hardi dari Mediaindonesia.com dengan judul artikel “Meningkatkan Literasi Keuangan Digital, Memerangi Pinjol Ilegal”
– Juara 2: Gita Rossiana dari Investor Daily dengan judul artikel “10 Tahun Pengawasan OJK Pasar Modal Indonesia Lebih Inklusif dan Bergairah”
– Juara 3: Dolly Rosana dari LKBN Antara dengan judul artikel “Membidik Nasabah di Pedesaan”

Pemenang untuk kategori lomba foto:
– Juara 1: Bram Selo Agung Mardika dari Tempo dengan judul foto “Satgas OJK Edukasi Warga”
– Juara 2: Zabur Karuru dari LKBN Antara dengan judul foto “OJK Selenggarakan Vaksinasi Covid-19 di Surabaya”
– Juara 3: Andy Satria Budiono dari Harian Radar Surabaya dengan judul foto “Ingatkan Masyarakat”

Kumpulan artikel para pemenang lomba penulisan artikel akan dikompilasi dalam bentuk e-book. Daftar pemenang untuk juara harapan dan nominasi akan dimuat di website dan media sosial OJK. Begitu pula hasil karya foto para pemenang dan nominasi akan dipamerkan secara virtual yang tautannya akan dimuat di website dan media sosial OJK.

Aksi Sosial OJK

Dalam rangkaian peringatan Satu Dasawarsa OJK juga dilaksanakan berbagai kegiatan aksi sosial dan bantuan sosial sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan lingkungan.

Aksi sosial tersebut dilaksanakan baik di Kantor Pusat maupun Kantor Regional/Kantor OJK di daerah dalam berbagai kegiatan di bidang edukasi, kesehatan, pelestarian lingkungan serta pemberian bantuan sosial.

Kegiatan edukasi dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kewirausahaan dan peningkatan keahlian bagi penyandang disabilitas, pelatihan bagi guru yang akan menjadi pengajar di daerah terpencil serta knowledge sharing pengelolaan keuangan dan pembangunan unit bisnis di dalam pesantren.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan OJK Mengajar secara hybrid bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi yang menghadirkan Anggota Dewan Komisioner OJK sebagai narasumber berbagai topik aktual. Rangkaian kegiatan OJK Mengajar tahun ini telah diikuti lebih dari 32.000 peserta baik secara luring maupun daring melalui Zoom dan Youtube.

Kegiatan sosial di bidang kesehatan dilaksanakan dalam bentuk pemberian pengobatan gratis, alat bantu kepada penyandang disabilitas, donor darah serta khitanan massal. OJK bersama Kementerian Kesehatan dan berbagai pemangku kepentingan juga berperan serta aktif dalam program vaksinasi dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kegiatan pelestarian alam dilaksanakan melalui kegiatan Konservasi Terumbu Karang di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 16 Oktober 2021 dan Penanaman 1.000 Bibit Bakau di Pantai Teluk Yutefa, Jayapura.

Papua pada tanggal 26 November 2021. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen OJK dalam mendukung penerapan ekonomi hijau.

Selanjutnya kegiatan pemberian bantuan sosial dalam bentuk bantuan faktor produksi dan alat kerja kepada UMKM, perbaikan rumah, paket sembako, peralatan kebersihan, obat obatan dan perlengkapan bayi untuk korban banjir, sumbangan kepada panti asuhan, panti jompo hingga pesantren serta pembangunan/renovasi tempat ibadah.(Fernando Rumetor)