Boltim Bakal Jadi Daerah Ketiga di Indonesia Pembangunan Pabrik Amunisi

oleh
Bupati Sam Sachrul Mamonto saat menyambut Danyon Armed 19/105 Letkol Edi Yulian Budiargo. (Foto Istimewa)

BOLTIM Bupati Sam Sachrul Mamonto menerima kunjungan kerja Komandan Batalyon (Danyon) Armed 19/105, Letkol Edi Yulian Budiargo, di ruang kerjanya, Kamis (13/01). Kunjungan tersebut, membahas rencana pembangunan pabrik amunisi dan Batalyon Infanteri di Kabupaen Bolaang Mongondow Timur. “Selain silaturahmi, kunjungan ini juga dalam rangka mencari daerah untuk pembangunan pabrik amunisi dan Batalyon Infanteri. Harapannya, Pak Bupati dapat memberikan hibah lahan untuk rencana in,” ujar Edi kepada sejumlah awak media.

Dengan adanya pabrik amunisi ini, lanjutnya, secara otomatis akan memberikan income bagi daerah, terutama disektor peningkatan perekonomian masyarakat daerah ini. “Dengan adanya pembagunan pabrik amunisi nanti, otomatis tenaga kerjanya dari masyarakat sekitar,” terang orang nomor satu di Batalyon Armed ini.

Kunjungan Perwira Menengah (Pamen) berpangkat dua melati emas tersebut, mendapat respon dari Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. Dimana, pihaknya akan menyiapkan lahan untuk pembangunan pabrik amunisi. Sebab, menurut Sachrul, pembangunan pabrik pastinya akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Sehingga, dinilai bisa mendongkrak taraf ekonomi masyarakat. “Silaturahmi yang dilakukan Pak Danyon kali ini, sangat baik dan positif. Sehubungan dengan rencana pembuatan pabrik amunisi di Boltim, kami pasti akan siapkan lahan. Karena, pabriknya pasti besar dan ribuan tenaga kerja akan terserap di situ.

Meski begitu, Sachrul masih belum membeberkan di mana lokasi pembangunan pabrik tersebut. “Soal lokasi, kita masih rahasiakan. Yang pasti, kita punya banyak tanah HGU di sini. Pabrik amunisi baru ada di Indonesia, yakni di Pindad Bandung dan Malang. Jika bangunannya sudah ada, Boltim akan menjadi daerah ketiga yang memiliki pabrik amunisi

Ia pun berharap, hal-hal yang dibahas dalam pertemuannya dengan Danyon Armed tersebut, bisa segera terwujud. Sebab, pekan depan dirinya juga akan melakukan kunjungan ke markas Batalyon Armed di Lolak Kabupaten Bolmong. “Untuk menindaklanjuti apa yang kita bicarakan hari ini, pekan depan saya akan dating ke Batalyon Armed. Mudah-mudahan pembangunan pabrik bisa terwujud,” pungkasnya. (Novianti Kansil)