Gubernur Olly: Momentum W20 Dorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan

oleh
Gubernur Olly Dondokambey saat membawakan sambutan di kegiatan W20. (foto: istimewa)

MINUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Women20 (W20) di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Itu disampaikannya saat membuka langsung Forum Diskusi W20 Engagement Group Indonesia Presidency 2022 di Hotel Paradise, Minut, Selasa (15/2/2022).

Kesempatan itu, Gubernur Olly mengatakan momentum W20 dapat mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Pelaksanaan W20 dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” ungkapnya.

Menurut dia, sinergi yang dilakukan sebagai upaya membangun peradaban bangsa yang lebih maju di masa mendatang.

“Pelaksanaan W20 ini juga dapat menjadi momentum mengingat jasa dan pengorbanan para pahlawan wanita, para pejuang feminis yang telah memperjuangkan emansipasi perempuan di Indonesia dan di dunia,” ujarnya.

Ia menyebut, kesetaraan gender adalah salah satu hak asasi manusia. Tidak hanya laki-laki, tetapi perempuan memiliki hak yang sama untuk membuat pilihan hidup dengan kehormatan, keberanian dan kebebasan.

“Perempuan memiliki potensi yang luar biasa, tidak bisa dipandang sebelah mata. Perempuan tidak bisa ditempatkan hanya sebagai warga kelas dua, melainkan sejajar sebagai mitra laki-laki dalam konteks apapun,” tuturnya.

Kata gubernur, kesetaraan gender terus diperjuangkan penuh oleh pemerintah daerah dalam tataran kebijakan.

“Begitu juga inovasi-inovasi dalam pemberdayaan perempuan yang terus-menerus dihadirkan pemerintah daerah,” terangnya.

Mantan legislator Senayan ini mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan terhadap upaya pemberdayaan perempuan melalui Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dimiliki dan dikelola perempuan.

“Begitu juga pemberdayaan perempuan disabilitas dan perempuan-perempuan perdesaan. Mari secara bersama-sama juga kita mewujudkan kesetaraan pelayanan kesehatan bagi peningkatan kualitas hidup perempuan,” ajaknya.

Sekedar diketahui, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara menjadi lokasi penyelenggaraan W20. KEK ini merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat.

Pelaksanaan W20 di Likupang ini juga dihadiri secara daring oleh sejumlah pejabat di antaranya Menteri pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Hadir juga kesempatan itu yakni Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Bupati Sitaro Evangelian Sasingen, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretaris TP PKK Sulut yang juga Kepala Dinas P3A dr Devi Tanos, Ketua TP PKK Manado Irene Pinontoan, serta sejumlaj organisasi perempuan. (rivco tololiu)