Satu Tahun CS-WL Pimpin Kota Tomohon, Beragam Capaian Prestasi Diraih Meski Dalam Masa Pandemi

oleh
Ibadah syukur satu tahun kepemimpinan CS-WL yang dirangkaikan dengan pemasangan lilin. (foto: istimewa)

TOMOHON – Berbagai keberhasilan yang boleh dicapai dan ditorehkan Pemerintah Kota Tomohon selama satu tahun dalam kepemerintahan Wali Kota Caroll J A Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut (CS-WL).

Meski dalam masa pandemi namun mampu mengukir berbagai kemajuan, dari aspek fisik. Program unggulan CS-WL yang nampak dari infrastruktur memadai dan memenuhi kebutuhan masyarakat di setiap kelurahan yang ada di Kota Tomohon.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Caroll Senduk didampingi Wawali Wenny Lumentut dalam Ibadah syukur satu tahun kepemimpinan keduanya di Kota Tomohon, Selasa (1/3/2022).

“Dari aspek kesehatan, lingkungan, sosial budaya, ekonomi dan kependudukan, aktivitasnya semakin baik dan beragam sejalan dengan peran Kota Tomohon sebagai wilayah perlintasan, daerah pariwisata, pusat pendidikan serta penyanggah pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara, menjadikan potensi utama yang mengundang kunjungan atau ketertarikan dari masyarakat di luar Kota Tomohon yang berdampak peningkatan pertumbuhan ekonomi,” ujar Wali Kota Senduk.

Disamping itu, berbagai macam penghargaan baik dari tingkat Pusat maupun dari tingkat provinsi, antara lain penghargaan Kota Toleransi di indonesia, penghargaan sebagai Kepala Daerah pelaksana program sekolah penggerak angkatan II Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021.

Selain itu, penghargaan Swasti Saba Wistara atas keberhasilan Kota Tomohon dalam menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021 untuk klasifikasi taraf pengembangan, piagam penghargaan untuk cakupan Imunisasi Dasar Lengkap dimasa pandemi dengan capaian target IDL sampai dengan bulan oktober 2021 yaitu 80 %, piagam penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI untuk Kabupaten/Kota dengan seluruh Puskesmas yang telah terakreditasi, terbaik satu penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan paritrana awards tahun 2021, terbaik dua penghargaan dalam rangka percepatan vaksinasi di Provinsi Sulawesi Utara

Penghargaan Kota Layak Anak tingkat pertama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, penghargaan dari BKKBN perwakilan Sulawesi Utara atas pendataan keluarga tahun 2021 Kota Tomohon mencapai pendataan 100% sesuai waktu yang ditentukan, penghargaan dalam implementasi program smart living dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI,
penghargaan Sensational Award tahun 2021 sebagai terbaik tiga se-Sulawesi Utara dalam pembangunan sanitasi, serta penghargaan dari Kanwil Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI sebagai pemerintah daerah terbaik satu se-Provinsi Sulawesi Utara dalam kategori penatausahaan dan pengelolaan DAK fisik tahun 2021.

Kesempatam itu, Wali Kota Senduk berpesan walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19, pemerintah bersama masyarakat harus saling mendukung untuk kemajuan Kota Tomohon tercinta.

“Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat Kota Tomohon serta berbagai pihak yang telah bekerja sama, memberikan kontribusi dan dukungan selama satu tahun kepemimpinan kami, dan berharap kedepannya terus ada dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tomohon dalam menjalankan pemerintahan,” ujarnya.

Mengusung visi dan misi Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, CS-WL berharap keberhasilan yang telah diraih di satu tahun kepemimpinan menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik dan yang terbaik.

Pemerintah Kota juga mengevaluasi apa saja yang menjadi hambatan atau kekurangan yang perlu untuk dibenahi dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat agar kedepan semakin baik dan masyarakat Kota Tomohon lebih merasakan dampaknya.

“Masih banyak hal yang harus diraih, karena masih banyak hal yang harus kita lakukan untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan,” pungkas Wali Kota.

Untuk diketahui Ibadah syukur setahun kepemimpinan CS-WL dipimpin Pdt Senduk G A Roeroe selaku Ketua BPMJ Sion Tomohon juga Ketua FKUB Kota Tomohon bersama Pastor Stephanus Berty Tiow, sebagai Pastor Paroki Maria Ratu Damai Tomohon.

Tampak hadir dalam Forkopimda Kota Tomohon, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Johny Runtuwene, Sekot Tomohon Edwin Roring , Sekretaris TP PKK Ny Eleonora Lumentut-Sangi, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon Thirsa Roring Rawung, para tokoh agama dan masyarakat. (Deidy Wuisan)