Dinkes Boltim Sidak Makanan dan Minuman Kadaluwarsa

oleh -25 Dilihat


BOLTIM
– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menurunkan tim dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah toko waralaba serta melakukan pengawasan makanan dan minuman atau Takjil di setiap pasar ramadhan.

Dalam sidak tersebut, tim Dinkes menemukan produk makanan kedaluwarsa di salah satu toko waralaba di Kecamatan Kotabunan, pada pekan lalu.

Kepala Dinkes Boltim, Saifuddin Gobel, membenarkan petugasnya menemukan makanan kedaluwarsa di salah satu toko yang terletak di Desa Buyat. “Iya benar ada produk kedaluwarsa dan langsung kita ingatkan untuk tidak diperjualbelikan,” kata Saifudin.

Selain di indomaret dan alfamart serta toko swalayan lainnya, Dinkes juga melakukan pengawasan di sejumlah pasar ramadhan yang menjual makanan takjil. Menurutnya, pengawasan tersebut merupakan rutinitas setiap tahun Dinas Kesehatan turun ke lapangan memeriksa produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat.

“Kalau makanan takjil tidak ditemukan bahan yang berbahaya, semuanya layak konsumsi, begitu juga dengan air bersih atau air mineral,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk mengukur layak atau tidaknya sebuah makanan untuk dikonsumsi, Dinkes Boltim menggunakan alat sanitarian kit. “Alat tersebut tidak bisa mengeluarkan rekomendasi namun hanya sebagai alat pengukur makanan dan minuman saja,” terangnya.

Ia menambahkan, selain di Kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Tutuyan, Dinkes berencana pekan depan akan melakukan pengawasan di wilayah Modayag bersatu.

“Semua wilayah akan kita periksa, pekan kemarin di wilayah Puskes Kotabunan, Buyat dan Tutuyan, pekan depan akan turun di wilayah Modayag,” tutupnya. (Novianti Kansil)