Gelar 3 Agenda, HIPMI Sulut Dorong Peningkatan Ekonomi dan Pelaku Usaha Muda

oleh -918 Dilihat
Pembukaan Rakeda, Diklatda, dan Forbisda HIPMI Sulut. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar tiga agenda strategis pada Sabtu dan Minggu (24-25/9/2022).

Bertempat di Hotel Peninsula Manado, ketiga agenda itu terdiri dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Forum Bisnis Daerah (Forbisda), serta Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda).

Ketua HIPMI Sulut, Natanael Pepah menyebut bahwa ketiganya memiliki peran masing-masing dalam meningkatkan sektor ekonomi dan pelaku usaha muda di Bumi Nyiur Melambai.

“Forbisda merupakan strategi HIPMI untuk menarik minat masyarakat Sulut untuk masuk ke dunia wirausahawan. Ini juga ditujukan menambah ilmu bisnis dan memberi ruang bagi pengusaha, untuk memamerkan produk mereka di acara ini,” ujarnya.

“Intinya kita ingin pengusaha lokal dapat sukses, terutama untuk berkembang lebih hebat lagi,” jelas Natan yang juga menjabat Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Manado itu.

Selain itu, melalui sesi business coaching yang berlangsung di Diklatda, para wirausahawan dibekali ilmu bisnis oleh para narasumber yang merupakan pengusaha kondang di tingkat nasional.

“Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang baru terjun di dunia wirausaha dan berkerinduan agar bisnisnya terarah. Intinya kegiatan ini cocok untuk pengusaha baru dan yang mau berkembang. Atau orang-orang yang baru mau terjun ke dunia usaha,” lanjut Natan.

“Kedepannya saya berharap, agar semakin banyak masyarakat yang terjun ke dunia usaha, dan tidak takut untuk menekuninya. Ini juga menjadi salah satu upaya kami untuk membangkitkan ekonomi Sulut pasca pandemi. Kita pastinya butuh banyak pengusaha baru sebagai motor penggeraknya,” tandas Ketum HIPMI Sulut itu.

Untuk Rakerda sendiri akan membahas hal-hal bersifat internal di antara pengurus HIPMI Sulut dan 15 kabupaten kota yang ada. Ini meliputi program kerja, target kerja, visi-misi kedepannya, dan lainnya.

Kegiatan HIPMI Sulut mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Sulut, Khodam XII/Merdeka, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulut, Pemerintah Kota Manado, Lantamal VIII Manado, dan unsur stakeholder lainnya.

Kehadiran para pimpinan Badan Pengurus Pusat (BPP) dan Koordinator Wilayah Indonesia Timur dalam kegiatan, juga turut memeriahkan rangkaian acara HIPMI Sulut. (Fernando Rumetor)