Glad Walangare Ajak Anak Muda untuk Bermusik di Era Digitalisasi

oleh
Glad Walangare. (FOTO: istimewa)

Anak muda sekarang ini kebanyakan hanya mengikuti perkembangan zaman saja tetapi tidak memanfaatkannya dan sangat suka berada di zona nyaman, dan itu membuat mereka kehilangan akan jati diri diri mereka sebagai penerus bangsa.

Padahal di era digital merupakan zaman dimana seluruh aktivitas telah banyak dimudahkan dengan berkembangnya teknologi. Hal tersebut membuat kita lebih mudah mengakses dan mencari sumber-sumber di sekitar kita bahkan di seluruh dunia. 

Kalau kita sadar jika kita memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya, maka teknologi bisa memberikan kita batu loncatan untuk menjual dan mempublish karya-karya musik kita dengan mudah. 

Kalau dulu itu kita memiliki keterbatasan dalam hal menjual karya kita kepada orang-orang karena harus melalui label rekaman dan itupun tidak semua orang bisa bekerjasama dengan label karena beberapa faktor terutama soal biaya. 

Tapi sekarang dengan dengan berkembangnya teknologi kita bisa lebih muda untuk menjual atau mempublish karya kita kepada orang-orang melalui digital music platform dengan cara mengirimkan lagu kita ke Digital Music Distribution (Agregator).

Dengan membayar ratusan ribu bahkan juga ada yang gratis tergantung perjanjian atau kerjasama kita dengan pihak Agregator, kemudian kita pun bisa menikmati lagu kita diputar di Digital Music Platform yaitu; Spotify, Joox, iTunes, Amazon Music, Youtube, Tiktok, Facebook, Instagram dan platform music lainnya.

Dengan melihat akan adanya kemudahan dalam era digital ini terutama dalam sektor musik, maka timbul beberapa pernyataan tentang bagaimana memproduksi musik atau mengaransemen lagu dengan mudah di era digital ini ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus ketahui bersama bahwa di era digital ini untuk memproduksi musik atau lagu itu bukan merupakan suatu hal yang sangat susah lagi, karena kita sudah di permudah dengan adanya teknologi yang sudah maju dibandingakan dengan zaman dulu yang harus membayar orang untuk membuat musik atau membayar session player dalam proses rekaman dan juga  pembuatannya memakan proses yang sangat lama. 

Tapi di era digital ini dengan hadirnya Home Recording yang bisa memudahkan kita untuk memproduksi musik atau lagu dengan sangat praktis dan cepat yang bisa kita lakukan di rumah kita ataupun di mana saja kita berada.

Dengan adanya software musik digital yang bisa kita download dari internet secara mudah apakah itu berbayar atau gratis, bisa membuat kita memproduksi musik hanya dengan menggunakan komputer atau laptop, soundcard (Audio Interface), headphone, speaker dan mic. Kita sudah bisa membuat sendiri karya musik atau lagu yang sangat bagus melalui software musik yang kita gunakan melalui komputer atau laptop.

 Oleh sebab itu saya Glad Walangare juga sebagai Music Producer ingin mengajak anak-anak muda saat ini untuk mulai mengembangkan lagi cara bermusik kita agar bisa di kenal di semua orang terutama di bagian produksi musik dan distributornya. 

Karena menurut survei mengatakan anak muda memiliki usia yang produktif oleh sebab itu anak muda lebih cepat mengerti dan lebih cepat tangkap akan sesuatu terutama di bagian teknologi. Sekali lagi saya mengajak anak muda untuk keluar dari zona nyaman kita dan mulailah mengembangkan kreatifitas kita terutama dalam bidang musik. 

(Penulis: Glad Walangare)

No More Posts Available.

No more pages to load.