TIFF 2023 Resmi Dibuka, PLN Siap Tampil dan Berikan Pasokan Listrik Terbaik

oleh
Pembukaan TIFF 2023, PLN siap jaga keandalan listrik selama penyelenggaraan. (FOTO: istimewa)

TOMOHON – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno resmi membuka Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023 di Tomohon, Sulawesi Utara pada Selasa (8/8/2023). 

Berbagai kegiatan akan digelar sebagai bentuk semarak ajang TIFF 2023 ini mulai dari Tomohon Flower Carnival, Art and Culture Exhibition, Culinary Fest, Marching Band Competition serta Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo.

TIFF sendiri merupakan event tahunan yang termasuk kedalam Kharisma Event Nusantara yang diagendakan oleh Kemenparekraf. Event yang sudah terselenggara sejak tahun 2008 ini menjadi sumber kekuatan dalam mendongkrak perekonomian lewat pariwisata serta kebudayaan lokal.

“Sebagai event yang berskala internasional dan setara dengan Pelaksanaan Tournament Of Roses yang ada di Pasadena, Amerika. Saya yakin TIFF mampu mendongkrak perekonomian daerah serta nasional. Mari kita dukung dan sukseskan kegiatan ini,” ucap Sandiaga.

Mengusung tema “Walking Together, Rising Together” pelaksanaan TIFF 2023 ini akan dimeriahkan oleh ratusan peserta yang akan berpartisipasi dalam Tournament of Flower (Flower Parade) serta berbagai booth expo yang menyediakan produk UMKM lokal yang beraneka ragam.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka TIFF 2023. (FOTO: istimewa)

“Parade kendaraan hias nanti akan menjadi rangkaian pamungkas dari kegiatan ini, yang menjadi unique selling point dalam parade tersebut ialah setiap kendaraan akan dihias menggunakan bunga krisan yang tentu saja melibatkan ratusan petani lokal,” tambah Sandiaga.  

Mendukung berbagai rangkaian kegiatan pada TIFF 2023, PT PLN (Persero) hadir tak hanya menghadirkan pasokan listrik andal. Namun turut serta dalam kegiatan parade dan terlibat pada expo yang akan menampilkan berbagai produk UMKM binaan.  

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, J.A Ari Dartomo menyampaikan bahwa PLN siap untuk mendukung dan terlibat secara aktif dalam gelaran event TIFF 2023.

“Dalam parade yang digelar pada tanggal 12 nanti, hiasan spesial akan ditampilkan PLN melalui bunga krisan yang dihasilkan dari petani binaan PLN Peduli dengan mengoptimalkan program Electrifying Agriculture. Hal tersebut tentu menjadi wujud nyata bahwa PLN mendukung perekonomian daerah,” ungkap Dartomo.

GM PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo (kiri) saat bertemu Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) dalam acara pembukaan TIFF 2023. (FOTO: istimewa)

Selama gelaran TIFF 2023 yang dimulai tanggal 8 sampai dengan 14 Agustus, PLN tentu senantiasa berkomitmen untuk menjaga keandalan listrik di setiap rangkaian dan segala fasilitas pendukung lainnya. 

PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis melalui 1 Unit Gardu Bergerak (UGB) daya 200 kVA, 1 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan daya sebesar 250 kVA.  Masing-masing peralatan backup tersebut dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS). 

Selain pasokan listrik berlapis tersebut, PLN menyiapkan pula puluhan personel yang selalu siaga untuk menjamin listrik tanpa kedip dalam gelaran TIFF 2023 kali ini.

“PLN siap menjaga dan bersiaga untuk keandalan pasokan listrik mulai dari pembukaan hingga akhir acara. Ini merupakan dukungan PLN terhadap berbagai acara nasional maupun internasional,” pungkas Dartomo. 

PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis serta puluhan personel yang selalu siaga untuk menjamin listrik tanpa kedip dalam gelaran TIFF 2023. (FOTO: istimewa)

PLN siap mendukung berbagai  event yang dapat memajukan serta menggerakan perekonomian suatu daerah dengan memastikan dukungan infrastruktur kelistrikan yang andal. 

Hal tersebut sejalan dengan komitmen PLN untuk terus berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (Advertorial)