Desie Warouw Gelar PKM Sosialisasi Bijak Berkomunikasi dengan Internet pada Ibu-Ibu di Kecamatan Mapanget Manado

oleh
Foto kegiatan PKM Desie Warouw. (FOTO: istimewa)

MANADO – Di era 4.1 saat ini masyarakat merasakan mudah dalam melakukan komunikasi. Melalui internet, dapat mempermudah berkomunikasi jarak jauh dengan cepat, baik antar daerah maupun antar negara. 

Istilah komunikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu “communication” yang berarti hubungan interaksi antara satu orang dengan orang lain bahkan lebih secara langsung, maupun menggunakan media seperti internet.

Komunikasi melalui internet adalah komunikasi atau interaksi yang di lakukan melalui internet, seperti media sosial, email dan chatingan, dll. Semua dapat di lakukan asalkan ada jaringan internet di dalamnya. Internet pada media sangatlah pintar, misalnya pada handphone yang dapat menghubungkan satu individu pada individu lainnya dengan waktu yang bersamaan dan cepat, melakukan telepon video dan sebagainya hal ini sangat membantu dan berpengaruh pada diri individu. 

Terkadang individu akan cenderung memilih untuk berkomunikasi dengan instan dari pada bertemu. Pada saat berkomunikasi melalui internet dapat salah persepsi seperti jika pembaca dapat membaca pesan dengan baik maka akan menimbulkan persepsi yang baik, jika tidak tentu akan menimbulkan salah persepsi atau persepsi buruk.

Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta.  Keberadaan internet memberi dampak bagi masyarakat khususnya ibu-ibu. Mereka bisa mendapatkan informasi dengan cepat, berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja, menjalin hubungan sosial, juga sebagai sarana hiburan. 44,24% pengguna internet perempuan, dan 50,54% adalah ibu-ibu pengguna internet.

Permanfaatan internet telah mengubah pola hidup dan budaya masyarakat, khususnya ibu-ibu. Saat ini masyarakat khususnya ibu-ibu banyak menggunakan internet dalam berkomunikasi seperti jejaring sosial (social networking) yang dianggap lebih efektif dan efisien. (Triastuti, Endah dan Tim. 2017:33).  Demikian juga informasi yang didapatkan semakin terbuka baik konten positif maupun negatif. 

Saat ini, banyak ibu-ibu yang menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan internet sehingga mengabaikan suami dan anak. Ada juga yang mengalami konflik karena menulis status dan komentar yang menyinggung dan cenderung menyerang orang lain di media sosial. Meluapkan emosi di media sosial. Ada juga yang mempercayai berita Hoaks yang beredar di internet.

Memperoleh berita dari internet memudahkan ibu-ibu untuk menyebar dan mengulasnya tanpa diketahui apakah informasi yang didapatkan merupakan fakta atau hoax. Segala berita yang diserap ibu-ibu akan menjadi opini publik yang disebarluaskan tanpa memikirkan kebenarannya.

Selaku Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi, Dra. Desie M.D. Warouw, MSi melaksanakan Program Kemitraan Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Sabtu (7/10/2023) yaitu Sosialisasi Bijak Berkomunikasi Dengan Internet Kepada Ibu-Ibu di Kecamatan Mapanget Kota Manado, bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Mapanget dan Tokoh Agama.