Wamendag Jerry Sambuaga: Stok Beras SPHP dan Minyakita Melimpah, Harga Stabil

oleh
Wamendag Jerry Sambuaga saat melakukan sidak di Pasar Bersehati, Minggu (25/2/2024). (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Ketersediaan bahan pokok serta kestabilan harganya di tengah masyarakat terus menjadi perhatian pemerintah.

Seperti yang dilakukan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga yang melaksanakan sidak di Pasar Bersehati Manado pada Minggu (25/2/2024).

“Saya bersama pak Kadis, PD Pasar dan tim lainnya melihat ada fluktuasi di beberapa kebutuhan bahan pokok,” kata Wamendag Jerry Sambuaga.

Di kesempatan itu, tim mengecek ketersediaan dan harga beras, cabai rawit, tomat, bawang putih, bawang merah, hingga minyak goreng. “Memang ada yang naik dan ada yang turun,” terangnya.

“Untuk beras memang menjadi perhatian saat ini, dan disini kami lihat tersedia Beras SPHP dari bulog yang harga jualnya Rp10.800 per kilogram,” tutur Wamendag Jerry.

Katanya, Beras SPHP ini masih cukup melimpah stoknya dan diharapkan dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami tegaskan bahwa ketersediaan stok bahan pokok penting, khususnya beras, itu aman. Diharapkan dengan stok yang aman dan melimpah ini kita dapat menekan harga beras,” tuturnya.

Peningkatan distribusi beras SPHP yang dilakukan pemerintah diharapkan dapat menjadi alternatif bahan makanan pokok yang terjangkau bagi masyarakat. “Beras SPHP memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan beras premium,” ucapnya.

Wamendag Jerry Sambuaga berdialog dengan salah satu pedagang di Pasar Bersehati. (FOTO: Fernando Rumetor)

Tak hanya beras, minyak goreng pun harganya masih sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram untuk merek Minyakita. 

“Stoknya (minyak goreng) pun melimpah. Kita harapkan ini terus stabil sampai menjelang puasa dan lebaran,” beber Wamendag Jerry.

Dirinya pun berharap adanya sinergitas antar lembaga, baik itu pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga kestabilan harga ini.

“Supaya kita bisa mencapai harga yang baik untuk semua, khususnya para konsumen, masyarakat yang membeli,” kuncinya. (Fernando Rumetor)