Selesaikan Sengketa Pemilu di Likupang Barat, Netralitas Bawaslu dan KPU Minut Dapat Dukungan dari Exco Partai Buruh

oleh


MINUT
– Exekutif Committe (Exco) Partai Buruh Minahasa Utara mendukung penuh netralitas dan transparansi Badan Pengawan Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut). Dimana, netralitas penyelenggara pemilu merupakan prinsip utama dalam konteks demokrasi. Ini menandakan bahwa para penyelenggara pemilu, seperti KPU dan Bawaslu atau badan terkait lainnya harus bertindak secara adil dan tanpa kecenderungan politik tertentu, pada saat mengorganisir dan mengawasi proses pemilihan umum.

Hal ini disampaikan Ketua Exco Partai Buruh Minahasa Utara Sanni Lungan. Menurutnya, saat ini berbagai tantangan tengah dihadapi oleh penyelenggara pemilu seperti isu campur tangan politik, baik dari pemerintah maupun kelompok kepentingan tertentu.

“Agar publik tidak mudah termakan provokasi pihak yang menebarkan isu bahwa penyelenggara pemilu menjadi kaki tangan para pihak berkepentingan, penyelenggara pemilu perlu mengimplementasikan transparansi kepada masyarakat dan mendengarkan masukan dan segera membenahi kekurangan yang ada,” ujar Sanni.

Ia juga meminta pihak Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara untuk mengawal Proses pelanggaran pemilu, khususnya yang terjadi di Minahasa Utara. “Kami Exekutif Committe (Exco) Partai Buruh Minut pun mendukung penuh penyelenggara Pemilu maupun pemerintah, yang konsisten menjaga netralitas demi terwujudnya Pemilu jujur dan adil, khususnya pada sengketa Pemilu yang sedang bergulir di Likupang Barat Kabupaten Minut,” pungkasnya. (Novianti Kansil)