Bandara Sam Ratulangi Manado Prediksi Hari Terakhir Cuti Bersama Lebaran Jadi Puncak Arus Balik

oleh

MANADO – Arus balik Libur Lebaran 2024 di Bandara Sam Ratulangi Manado diprediksi akan terjadi pada hari ini, Senin (15/4/2024) yang merupakan hari terakhir cuti bersama Idul Fitri 1445H.

“Kami perkirakan hari ini akan ada sekitar 50 penerbangan dengan total jumlah penumpang mencapai 5.861 penumpang,” kata Ketua Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 Bandara Sam Ratulangi Manado, Rizal Aries Laksono.

Lebih lanjut disampaikannya, jumlah tersebut pun dimungkinkan bertambah karena adanya permintaan penerbangan tambahan (extra flight) dari beberapa maskapai.

“Kemungkinan ada tambahan 4 penerbangan, 2 penerbangan datang dan 2 penerbangan perki dari maskapai Lion Air dan Citilink. Rutenya Manado menuju Makassar maupun Makassar menuju Manado,” jelas Rizal.

“Dengan dua extra flight itu, kami memprediksi total jumlah penumpang pada hari ini bisa lebih dari 6.000 penumpang,” tambahnya.

Adapun jika dilihat dari awal didirikannya Posko Lebaran pada 3 April lalu, tercatat sudah ada 19 permohonan penerbangan tambahan dari maskapai. “Dan yang terealisasi ada 18 penerbangan,” bebernya.

Rizal pun mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan penerbangan agar mempersiapkan kondisi kesehatannya, karena jumlah trafik penumpang di Bandara yang mengalami peningkatan.

“Penumpang juga kami imbau untuk selalu aware dengan barang bawaannya, serta bagi yang belum mau memasuki terminal keberangkatan agar tidak memenuhi area di depan pintu masuk terminal keberangkatan,” paparnya.

Pihak Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado pun selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kepolisian, TNI, Otoritas Bandara, maupun Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). (Fernando Rumetor)