BI Sulut bersama Kemendikbudristek-TNI AL-Dikda Laksanakan Kas Keliling dan Literasi Pendidikan 2024

oleh
Pelepasan tim Kas Keliling dan Literasi pendidikan di daerah 3T. (FOTO: Fernando Rumetor)

BITUNG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara (KPw BI Sulut) kembali melaksanakan Kas Keliling ke wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) di Provinsi Sulawesi Utara pada Sabtu (1/6/2024).

Tahun ini, BI Sulut bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut, Kemendikbudristek, dan Dinas Pendidikan Sulut untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah serta melakukan literasi pendidikan di daerah Kepulauan 3T.

Kepala Perwakilan BI Sulut, Andry Prasmuko menuturkan, Bank Indonesia memiliki misi untuk menyediakan uang rupiah yang cukup, uang pecahan sesuai kebutuhan, serta kondisi yang berkualitas dan layak edar di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Mapalus Pendidikan dengan tema ‘Goes to School Mapalus Pendidikan Indonesia 2024,” sebut Andry saat melepas tim Kas Keliling Bank Indonesia dan Literasi Pendidikan di Kepulauan 3T di Kantor Satrol Lantamal VIII, Bitung.

Adapun Kas Keliling 3T akan melakukan beberapa kegiatan, seperti menyerap uang yang tak layak edar dan menggantinya dengan uang layak edar.

Kemudian edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, literasi pendidikan, serta penyerahan bantuan berupa buku berkualitas dari Kemendikbudristek dan Dinas Pendidikan Sulut.

“Kita juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako, peralatan olahraga, alat tulis dan buku pengetahuan lainnya,” tuturnya.

Andry juga menyebut, BI Sulut membawa sekira Rp1 Miliar untuk keperluan kas keliling tahap pertama di Pulau Gangga. 

“Tahap kedua rencananya tanggal 4 Juni yang akan keliling di Pulau-pulau terluar hingga Pulau Miangas dengan total uang yang dibawa sekira Rp5-10 Miliar,” beber Andry.