Ajarkan Sejak Dini Kecintaan Terhadap Rupiah, BI Sulut Edukasi CBP Rupiah di Talaud

oleh
Edukasi CBP Rupiah kepada puluhan pelajar dari SD Kristen Barukarang dan SMP Satu Atap (Satap) Kakorotan di Kabupaten Kepulauan Talaud. (FOTO: istimewa)

TALAUD – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara (KPw BI Sulut) terus melakukan edukasi terkait Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah.

Salah satunya seperti yang dilakukan BI Sulut kepada puluhan pelajar dari SD Kristen Barukarang dan SMP Satu Atap (Satap) Kakorotan di Kabupaten Kepulauan Talaud pada Selasa (11/6/2024).

Kepala Perwakilan BI Sulut, Andry Prasmuko menyebut, edukasi CBP Rupiah wajib diberikan sejak dini. “Tujuannya agar anak-anak bisa paham manfaat, fungsi dan makna rupiah sebagai alat pembayaran sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” bebernya.

Pada kesempatan itu, Asisten Deputi Bidang Sistem Pembayaran dan Peredaran Uang Rupiah (SP PUR) KPw BI Sulut, Ahmadi Rahman ikut membawakan materi.

Ia memaparkan bahwa CBP Rupiah ialah salah satu cara yang dilaksanakan BI dalam memberikan literasi kepada masyarakat terkait penggunaan Rupiah. Tujuannya ialah bangga menggunakan Rupiah sebagai alat pembayaran resmi.

“Kita semua diharapkan tidak menggunakan Rupiah secara serampangan, serta bisa menggunakannya secara bijak,” papar Ahmadi.

Selain itu, CBP Rupiah bertujuan mewujudkan kedaulatan Bangsa Indonesia. “Terlebih di wilayah Kepulauan Nusa Utara yang berbatasan langsung dengan Filipina,” pungkasnya. (Fernando Rumetor)