Jadi Investasi Jangka Panjang, Harga Emas Makin Berkilau

oleh
ilustrasi emas Antam. (FOTO: istimewa)

MANADO – Harga emas Antam makin ‘berkilau’ dan mencapai titik tertinggi sejak 5 tahun terakhir, dimana per 8 Juli 2024 harga emas Antam mencapai Rp1.396.000 per gramnya.

Diketahui, emas Antam sendiri merupakan emas yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang tbk (Antam) yang merupakan anak perusahaan dari PT. Inalum (Persero) atau MIND ID.

“Emas ini merupakan salah satu investasi yang hampir bebas resiko, sehingga menjadi investasi yang banyak diminati orang,” ucap Pengamat Ekonomi Sulawesi Utara, Robert Winerungan, Senin (8/7/2024).

Menurutnya, secara tren memang harga emas selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan jarang mengalami penurunan harga yang signifikan.

“Sehingga masyarakat yang membeli emas bisa mendapatkan keuntungan pakai dan keuntungan nilai,” tutur Robert.

Keuntungan berinvestasi di produk emas juga ialah kapan saja bisa dicairkan, sehingga memudahkan orang ketika memiliki keperluan mendesak.

Robert pun memberikan tips bagi masyarakat yang ingin membeli dan berinvestasi emas. “Beli saat harga emas stabil,” tuturnya.

“Tetapi juga jangan jual cepat-cepat karena ini merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang. Emas bisa menjadi cadangan aset tiap rumah tangga,” sambungnya.

Sekadar informasi, selain memiliki emas secara fisik dengan membelinya di Antam, masyarakat juga bisa berinvestasi emas dengan memanfaatkan produk tabungan emas milik Pegadaian. (Fernando Rumetor)