Melalui SheHacks Innovate, Indosat Dorong Perempuan di Sulut Kembangkan Bisnis dengan Teknologi

oleh
SheHacks Innovate yang dilaksanakan Indosat di Minahasa Utara. (FOTO: istimewa)

“Melalui inisiatif ini, perempuan dapat saling berbagi ilmu, pengalaman, dan sumber daya  sehingga dapat turut berkontribusi terhadap ekosistem bisnis di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara,” kata Joune Ganda.

Florentina Karunia Lengkong pemilik usaha GoChips pun menyebut, “Dengan adanya program SheHacks Innovate ini, kami pelaku UMKM lokal mendapatkan wawasan yang lebih luas untuk memaksimalkan teknologi digital dalam memasarkan usaha kami.”

Selain SheHacks Innovate, terdapat juga dua program lainnya yakni SheHacks Impacts berupa program enam bulan untuk startup yang telah meluncurkan produk mereka atau telah memiliki minimum viable product (MVP).

Kemudian juga ada SheHacks Ideation yang menyediakan akses ke berbagai video pelatihan bagi startup untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana membangun bisnis, hingga meraih kesempatan terpilih sebagai ide terbaik.

“Layanan telekomunikasi dan jaringan internet yang berkualitas menjadi salah satu kebutuhan vital untuk mendukung perkembangan UMKM lokal, sehingga kami terus menjaga layanan dan performa jaringan termasuk di Sulawesi Utara,” sebut Steve.

“Lebih lanjut, kami juga akan terus memberikan dampak positif kepada masyarakat lewat program pemberdayaan perempuan, SheHacks. Kegiatan kolaborasi dengan Kemenparekraf ini menjadi wujud komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Sejak tahun 2023, program SheHacks Innovate yang merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility atau CSR) Indosat di pilar Pemberdayaan Perempuan juga telah dilakukan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan Magelang, Jawa Tengah.

Selain di Minahasa Utara, program SheHacks Innovate tahun ini ditargetkan akan turut diselenggarakan di sejumlah wilayah lainnya, seperti di Sumbawa Besar, Deli Serdang, Palangkaraya dan Pekanbaru dalam rangka memberdayakan UMKM lokal yang digagas oleh perempuan di seluruh Indonesia. (Fernando Rumetor)