Ledakan Petasan Tewaskan Bocah di Kotamobagu

oleh -
Suasana di rumah korban ledakan petasan di Kelurahan Mongondow Kecamatan Kotamobagu Barat. (ist)
Suasana di rumah korban ledakan petasan di Kelurahan Mongondow Kecamatan Kotamobagu Barat. (ist)

KOTAMOBAGU – Ledakan petasan menewaskan Abdul Lumingkewas (4) warga RT 2 Lingkungan 1 Kelurahan Mongondow Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu. Bocah yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) itu menjadi korban saat kemeriahan malam pergantian tahun baru di Kotamobagu. Putra dari Muliadi Lumingkewas dan Mirawaty Paputungan itu harus meregang nyawa akibat terkena ledakan petasan sekitar pukul 22.15 Wita tepat saat pergantian tahun Minggu (31/12/2017)

Informasi didapat, peristiwa nahas itu terjadi di RT 1 saat korban bersama ibunya sedang makan mie di sebuah kios. Tiba-tiba, petasan yang dipasang oleh warga roboh dan mengarah ke korban dan langsung mengenai bagian dada korban. Ledakan keras yang pecah di bagian dada korban yang saat itu duduk di samaping ibunya membuat Abdul langsung jatuh dan tidak sadarkan diri.

Nyawa bocah tersebut tak terselamatkan meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu. Dari hasil pemeriksaan, dada korban mengalami luka bakar dan membiru.

Lurah Mongondow Rin Paputungan, menyesalkan kejadian tersebut. Padahal kata Rin, pihaknya sudah menegaskan kepada warga agar berhati-hati saat malam pergantian tahun. “Sudah diimbau untuk tetap waspada terlebih dengan maraknya petasan yang dipasang di sembarang tempat,” kata Rin.

Meski begitu Rin mengaku  tidak tahu persis peristiwa itu terjadi, karena dirinya sedang mengikuti acara zikir. “Saya sendiri sedang mengikuti kegiatan zikir malam pergantian tahun dan mendapat informasi tersebut,” kata Rin di saat berada rumah duka.

Korban sendiri sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun, saat tiba di ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Kotamobagu, naywanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ini, aparat dari Polsek Urban Kotamobagu sedang melakukan pengambilan bahan keterangan terkait dengan tewasnya bocah empat tahun itu. (yokman muhaling)