Forward Sulut dan Tumbelaka Akademic Sukses Gelar Diskusi Publik, Terkait Aman dan Damai Pemilukada 2018

oleh -32 Dilihat
Diskusi Publik dengan tema Mewujudkan Pemilukada Aman dan Damai sukses dilaksanakan. (Istimewa)
Diskusi Publik dengan tema Mewujudkan Pemilukada Aman dan Damai sukses dilaksanakan. (Istimewa)

MANADO- Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulut bekerja sama dengan LKSP Tumbelaka Akademic sukses gelar diskusi publik dengan tema Mewujudkan Pemilukada Aman dan Damai.

Dalam diskusi hadir sebagai keynote speaker Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, pembicara Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang, Akademisi Ivan Kaunang dan Pengamat Politik dan Pemerintahan Taufik Tumbelaka.

Dalam diskusi, Waskito mengatakan, diskusi seperti ini sangat bagus, kedepan diskusi seperti ini harus lebih besar mendatangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), juga dari unsur lainnya.

“Saya siap untuk hadir jika ada diskusi-diskusi seperti ini, karena ini sangat penting dilakukan dalam menyambut pemilukada 2018,” ujar dia, Jumat (9/2/2018).

Menurut dia, media sangat berperan penting dalam menyukseskan dan menciptakan keamanan di pemilukada nanti.

“Saya berharap kiranya media menjadi pendingin pada pemilukada, jangan sebaliknya,” harap dia.

Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang mengatakan, memberi apresiasi kepada pihak Polda Sulut yang selalu menjaga keamanan di Provinsi Sulut hingga Pemilukada sebelumnya berjalan aman dan damai.

“Salah satu pemilukada sukses adalah keamanannya, juga komunikasinya yakni pemberitaan,” ujar dia.

Lanjut dia, peranan partai politik (parpol) sangat penting dalam penyeleksian calon kandidat dari kepala daerah. Karena dalam regulasi parpol-lah yang mempunyai kewenangan mengusung calon.

“Jika itu jalan maka Pemilukada pasti berjalan dengan aman. Dan sepanjang sistem rekrutmen, administrasi, keamanan, komunikasi tidak jalan dengan baik, maka kemanan jauh yang diharapkan,” terang dia.

Dari Akademisi, Ivan Kaunang mengatakan, Soal keamanan sudah pernah terjadi di jaman pemilihan dahulu kala yang ada di Provinsi Sulut. Contoh, pemilihan hukum tua dan tonaas dahulu kalah. Dimana setiap pemilihan pasti berjalan dengan aman dan damai. “Sebab itu mari kita mengambil contoh dari situ, kalau kita aman pasti damai”

Lanjut dia, memberi apresiasi juga kepada Kepolisian karena terus menjamin keamanan setiap adanya Pemilukada di Provinsi Sulut.

“Pak Kapolda merupakan orang yang penting terkait pengamanan di Pemilukada nanti, namun semuanya harus di dukung juga dengan peran media dan masyarakat. Media kiranya bisa memberikan berita yang objektif pada Pemilukada. Karena peran media sangat penting dan paling berpengaruh aman tidak amannya, damai tidak damainya Pemilukada,” jelas dia.

Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan, awak media jangan hanya bisa bertanya ke narasumbernya terkait pemilukada tapi sangat diharapkan awak media bisa juga berani menyatakan sikap untuk mewujudkan pemilukada aman dan damai.

“Harus berani nyatakan agar pemilukada aman dan damai, pun media harus juga menyajikan berita yang berimbang pada pemilukada nanti, jangan ada berita-berita yang berbau sara yang nantinya akan berdampak buruk kedepan,” terang dia.

Ketua Forward Sulut Jerry Palohoon pun mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber yang sudah berkesempatan hadir pada FGD kali ini. Juga kepada seluruh teman-teman Forward Sulut dan ada juga dari Wartawan Pemprov Sulut, Kawan Polda dan H.N. Polresta Manado.

“Mohon maaf jika ada banyak kekurangan dalam diskusi publik ini, saya ucapkan terima kasih juga kepada panitia penyelenggara diskusi,” pungkas dia.

Turut hadir, Sekretaris DPD I Partai Golkar Sulut Tonny Lasut, serta dari Kawan Polda Sulut, H.N.C Polresta Manado serta tamu undangan lainnya. (valentino warouw/fim/esm)