Aster Kasdam XIII/Merdeka Pimpin Rapat Bidang Bakti TNI

oleh -
Rapat Bidang Bakti TNI di Yudha Makodam, senin (19/2/2018). (FOTO: Penerangan Kodam III/Merdeka)
Rapat Bidang Bakti TNI di ruangan Yudha Makodam, senin (19/2/2018). (FOTO: Penerangan Kodam XIII/Merdeka)

MANADO- Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Theo Kawatu memimpin rapat bidang bakti TNI yang bertempat di ruang yudha makodam, Senin (19/2/2018).

“Mengucapkan selamat datang kepada ketua tim sosialisasi dari sterad dan seluruh peserta, disertai harapan semoga tujuan dan sasaran kegiatan ini dapat tercapai sesuai dengan yang telah direncanakan, yakni menjelaskan berbagai hal tentang penyelenggaraan program bidang bakti TNI,” ujar dia, membacakan amanat Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

Menurut dia, kita sadari bersama bahwa jati diri TNI adalah tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, sehingga implementasi dari jati diri TNI di dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat adalah membantu terwujudnya kesejahteraan rakyat, antara lain melalui kegiatan-kegiatan bakti TNI.

“Pimpinan angkatan darat pun dalam berbagai kesempatan selalu menekankan komitmen TNI AD untuk siap setiap saat membantu suksesnya program-program pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, guna mempercepat dan memperlancar pelaksanaan program-program pembangunan tersebut,” terang dia.

Lanjut dia, oleh karena itu, dalam kegiatan sosialisasi ini akan dijelaskan berbagai materi antara lain: program operasi bakti TNI (tmmd ta 2018), karya bakti TNI satkowil, karya bakti TNI satnonkowil, penghijauan, kb-kesehatan, pengawasan dan evaluasi.

“Harapan pPangdam, mudah-mudahan dengan sosialisasi ini seluruh pejabat ter  jajaran Kodam XIII/Merdeka dapat memiliki kesamaan persepsi tentang penyelenggaraan bakti TNI yang benar dan dapat dipertanggung-jawabkan, yakni efektif, efisien dan ekonomis. yang lebih penting lagi, hasil sosialisasi ini harus ditindaklanjuti untuk dipahami sampai di tingkat koramil sebagai ujung tombak satuan kewilayahan,” jelas dia.

“Melalui tema “dengan semangat kemanunggalan TNI – rakyat, kita wujudkan program bidang bakti TNI yang efektif, efisien dan ekonomis dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh,” tambah dia.

Turut hadir dalam kesempatan itu tim sosialisasi dari Sterad, para pejabat ter jajaran Korem 131/santiago dan Korem 132/Tadulako Dam XIII/merdeka.

Diketahui, pelaksanaan sosialisasi program bidang bakti TNI ta 2018 yang dilaksanakan oleh Kodam dan Korem untuk memberikan penjelasan tentang penyelnggaraan program bakti TNI. materinya adalah program operasi bakti TNI, karya bakti TNI satuan komando wilayah, karya bakti TNI satuan nonkomando wilayah, penghijauan, kb-kes.

Sasarannya adalah satuan komando wilayah dan Satnonkowil untuk menyamakan persepsi  tentang  penyelenggaraan  program bakti TNI di satuan bawah sebagai satuan pelaksana sehingga pelaksanaan dapat  berhasil dan berjalan  dengan efektif, efisien dan ekonomis. (valentino warouw/fim/esm)