Danramil Jajaran Korem 131/Santiago Dapat Pembekalan Terkait Pengamanan di Pilkada

oleh -
Apel Danramil sejajaran Korem 131/Santiago. (FOTO:Penerangan Korem)
Apel Danramil sejajaran Korem 131/Santiago. (FOTO:Penerangan Korem)

MANADO- Menyikapi perkembangan situasi dan kondisi wilayah NKRI khususnya wilayah Korem 131/Santiago yang akhir-akhir ini semakin berkembang, dimana pada beberapa wilayah jajaran Korem 131/Santiago akan menggelar pesta demokrasi Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang tentunya akan menambah kosentrasi tugas dan tanggung jawab satuan jajaran sampai ke tingkat Babinsa.

Dengan adanya tugas ekstra tersebut yang secara otomatis akan melibatkan seluruh komponem maka dilaksanakan kegiatan yang secara khusus diberikan pembekalan kepada para Danramil sejajaran Korem 131/Santiago yang dilaksanakan selama dua hari dan dibuka langsung oleh Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Kamis (1/3/2018), di Aula Makorem 131/Santiago.

“Apel Danramil ini, merupakan tindak lanjut dari apel Danrem dan Dandim Terpusat, dengan harapan sasaran kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dan mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas para Danramil Jajaran Korem 131/Stg,” ujar Giri, saat membuka pertemuan.

Menurut dia, hal ini perlu disampaikan dan menjadi penekanan, agar kegiatan yang dilaksanakan ini tidak terkesan sekedar untuk melaksanakan suatu program kerja tanpa suatu hasil yang berarti, tetapi tujuan dan target yang ingin dicapai dapat diwujudkan secara maksimal.

“Oleh karena itu pelaksanaan Apel Danramil sesuai rencana dilaksanakan selama dua hari dengan diisi beberapa kegiatan, seperti penyampaian materi dari masing-masing Staf dan instansi terkait lainnya, hendaknya dijadikan sebagai momen strategis untuk mempererat kerjasama serta menyerap berbagai informasi penting sebagai acuan, referensi dan pedoman dalam pelaksanaan tugas-tugas Koramil sebagai bagian dari Satuan Komando Kewilayahan,” harap dia.

Lanjut dia, dan perlu dipahami bahwa eksistensi Komando Kewilayahan sebagai salah satu gelar kekuatan TNI di daerah, memiliki peran dalam menciptakan kondisi kondusif demi terlaksananya pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga dapat didayagunakan untuk kepentingan pertahanan dimana hal tersebut dapat terwujud dengan baik, manakala fungsi Binter dapat direalisasikan dengan optimal.

“Karena Binter merupakan salah satu fungsi utama dari Komando Kewilayahan yang dilaksanakan untuk memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah dalam bentuk ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna penyiapan pertahanan negara,” pungkas dia.

Kegiatan Apel Danramil sejajaran Korem 131/Santiago juga di hadiri oleh para Kasi Korem, para Dandim jajaran serta Kabalak Aju dan Korem 131/Santiago dimana adapun materi yang diberikan melibatkan unsur terkait BNN, Panwaslu dan KPU serta dari masing-masing Staf Korem maupun Kodam XIII/Merdeka. (valentino warouw/fim/esm)